Mudik Pakai Mobil Pribadi?

Ikuti Tips Ini agar Perjalanan Lebih Aman dan Nyaman

Kompas.com - 16/06/2016, 15:46 WIB
Penulis advertorial
|
EditorAgung Kurniawan

Saat ini tersedia begitu banyak pilihan transportasi yang dapat dimanfaatkan untuk mudik Lebaran. Namun, sebagian besar orang masih lebih memilih mobil pribadi sebagai kendaraan mudiknya.

Alasannya sederhana, yaitu tidak perlu sibuk berburu tiket sejak jauh-jauh hari dan lebih fleksibel karena bisa singgah di lokasi-lokasi wisata yang dilewati. Selain itu, bisa juga digunakan untuk jalan-jalan di kampung halaman bersama saudara-saudara.

Namun, perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi terkadang ada tidak enaknya juga. Fisik jelas lebih lelah dan karena mobil pribadi, Anda perlu lebih perhatian soal kondisi dan keamanannya.  Nah, jika ingin perjalanan mudik dengan mobil pribadi terasa lebih amandannyaman, coba ikuti tips berikut:

  1. 1.        Siapkan bekal makanan dan minuman

Saat mudik ada kemungkinan Anda terjebak macet parah di tengah tol dan jarak ke rest area masih jauh. Bagaimana jika ingin berbuka puasa atau sahur? Oleh karena itu, siapkan bekal makanan dan minuman. Tapi jangan bawa makanan yang mengandung banyak MSG dan gula. Dibandingkan membawa soft drink atau kopi, lebih baik membawa air mineral sebanyak-banyaknya. Atur pola makan selama perjalanan mudik agar tetap sehat.

 

  1. 2.        Buat situasi dalam kabin mobil lebih nyaman

Agar nyaman, atur temperatur AC dalam kabin dengan suhu yang cukup. Tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang pas akan menghindarkan Anda dari rasa kantuk. Pasang musik yang Anda dan keluarga suka agar tidak bosan. Usahakan juga untuk menyediakan ruang yang cukup untuk penumpang.

 

  1. 3.        Batasi waktu berkendara dalam sehari

Anda pasti ingin cepat sampai ke kampung halaman, tapi memaksakan tubuh yang sudah lelah untuk tetap menyetir sangat tidak baik. Saat tubuh lelah konsentrasimaka mudah buyar sehingga resiko kecelakaan lebih tinggi. Batasi waktu berkendara Anda, coba menyetir bergantian dengan anggota keluarga atau istirahat terlebih dahulu.

  1. 4.        Hindari kelebihan muatan dan patuhi aturan lalu lintas

Setiap mobil punya batas kapastitasnya masing-masing.Jangan memaksakan mobil Anda untuk mengangkut muatan berlebih karena bisa berakibat kecelakaan. Patuhi juga aturan lalu lintas dan berkendaralah dengan kecepatan aman. Ingat, tidak hanya Anda seorang yang menggunakan jalan.

 

  1. 5.        Bawa perlengkapan servis darurat dan P3K

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan servis darurat seperti senter, dongkrak, kunci roda, kabel jumper, pengukur tekanan ban, sekring, duct tape, sarung tangan dan segitiga peringatan. Jangan lupa juga selalu bawa ban cadangan. Peralatan P3K juga tak kalah bermanfaat. Sewaktu-waktu butuh obat atau pertolongan pertama untuk cedera, buka kotak P3K saja.

 

  1. 6.        Cek kondisi kendaraan sebelum berangkat

Satu lagi yang paling penting adalah cek kondisi kendaraan secara menyeluruh sebelum memulai perjalanan mudik. Periksa mesin, rem, oli, roda dan bagian-bagian penting lainnya. Kondisi mobil prima akan menjamin keselamatan selama perjalanan.

Khusus untuk cek kondisi kendaraan, sebaiknya dilakukan sejak dini. Jangan tunda hingga mendekati tanggal keberangkatan. Mengapa? Mendekati mudik tentu akan lebih banyak orang pergi ke bengkel. Antrean akan lebih panjang dan stok suku cadang di bengkel bisa jadi semakin tipis.

Toyota Konsultasi ke pihak bengkel jika memiliki pertanyaan sebagai bekal perjalanan jauh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.