Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Pribadi Dilarang Melintas di Kota Ini

Kompas.com - 23/10/2015, 08:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Oslo, KompasOtomotif  Polusi udara sudah menjadi masalah besar di dunia. Apalagi di pusat-pusat kota yang populasi penduduk serta kendaraannya begitu pesat. Guna memecahkan masalah itu, banyak kebijakan yang dibuat dan diberlakukan oleh masing-masing negara, salah satunya Norwegia.

Sebagai langkah mengurangi polusi udara, seperti dilansir laman Reuters, Jumat (23/10/2015), Oslo sebagai ibu kota Norwegia akan melarang mobil pribadi beroperasi di pusat kota pada 2019 mendatang. Norwegia menjadi negara pertama yang secara tegas dan komprehensif menerapkan aturan seperti ini di Eropa.

Ketua Green Party Oslo Lan Marie Nguyen Berg mengatakan, meski nantinya ada pihak yang merasa dirugikan, tetapi kebijakan ini akan menguntungkan bagi semua masyarakat Norwegia, khususnya Oslo.

“Kami ingin membuat jalan lebih baik bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda,” ujar Nguyen Berg.

Rencananya, dalam waktu empat tahun ke depan pemerintah setempat akan membuat jalur sepeda sepanjang 60 km dan memberikan investasi di bidang transportasi umum karena bus dan trem tetap beroperasi di pusat kota. Pengecualian lainnya berlaku untuk kendaraan yang membawa orang cacat dan mengangkut barang untuk keperluan toko.

Meski tidak secara tegas dan komprehensif, ada juga negara lain di Eropa yang memberlakukan hal sama tetapi berbeda aturan. Bulan lalu ada di Paris, Perancis; serta sebelumnya ada di London, Inggris; dan Madrid, Spanyol. Oslo sendiri memiliki jumlah penduduk hampir 600.000 orang dan populasi kendaraan pribadi mencapai 350.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com