Kompas.com - 21/05/2016, 07:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI) I Made Dana Tangkas, sudah menyatakan bahwa berdirinya lembaga ini bukan untuk bersaing dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Justru, diklaim akan saling membantu memajukan industri otomotif nasional.

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Gaikindo Johannes Nangoi, mengatakan, berdirinya IOI ini sama sekali tidak ada hubungan apa-apa. Maksudnya, Bukan semata-mata karena ada konflik internal, sehingga pihak tertentu memilih untuk membuat lembaga baru.

Baca juga: Institut Otomotif Indonesia Resmi Berdiri

“Tidak sampai ke situ (konflik internal), karena ketua umum, anggota Gaikindo itu dipilih berdasarkan suara terbanyak dan dipilih secara terbuka serta dihadiri oleh seluruh anggota. Anggota yang sekarang ini juga dipilih karena hasil pemilihan beberapa waktu lalu,” ujar Nangoi saat dihubungi KompasOtomotif, Jumat (20/5/2016).

Nangoi menegaskan, meski dalam struktur keanggotaan Gaikindo periode 2016-2019, ada merek yang tidak tercantum sebagai anggota, pihaknya akan tetap netral. “Seperti yang sudah sering saya katakan, Gaikindo itu tidak akan memihak negara atau merek manapun, kita bersama hanya untuk membangun industri otomotif Indonesia agar bisa lebih maju,” kata Nangoi.

Lantas, ketika ditanya apakah tugas Gaikindo dan IOI tidak saling berbenturan? Nangoi belum mau berkomentar banyak sebelum mengetahui lebih dalam informasinya. Namun, seharusnya tidak saling tabrakan, karena pastinya sebelum dibentuk sudahh dipikirkan apa tujuannya.

“Saya harus mempelajari lebih dalam. Kalau tugas kita kan sudah jelas dan anggota kita juga sudah jelas dari berbagai merek yang ada di Indonesia,” kata Nangoi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.