Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Industri Komponen Lokal Harus Dapat Insentif!

Kompas.com - 29/04/2016, 16:57 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Cibitung, KompasOtomotif – Industri komponen di Indonesia setiap tahun terus mengalami pertumbuhan. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian terkini, sudah mencapai lebih dari 1.000 unit perusahaan yang memproduksi berbagai jenis komponen untuk kendaraan bermotor dalam negeri maupun ekspor.

Namun, sebagian besar berasal dari luar negeri yang berinvestasi di Indonesia. Sementara perusahaan pembuat komponen yang asli lokal hanya minoritas jumlahnya.

Kendati demikian, Husein Maulana, Direktur Fasilitasi Promosi Daerah Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), menginginkan selain mendorong investor asing, juga pemerintah harus memperhatikan merek komponen asli Indonesia.

“Bentuknya bisa bermacam-macam, misalnya memberikan insentif agar mereka tetap bisa bersaing dengan perusahaan asing di industri komponen,”ujar Husein di acara Focus Group Discussion di Cibitung, Jumat (29/4/2016).

Industri komponen lokal, lanjut Husein, harus tetap berkembang. Dengan memberikan dukungan, bisa saling bekerjasama dalam hal teknologi dan lain sebagainya.

“Jika seperti itu, mereka pelaku industri kompomnen lokal) tetap bisa bertahan dan perlakuan kita ke semuanya tetap sama,” ucap Husein.

Pemerintah itu sendiri telah menentukan industri kendaran bermotor (KBM) sebagai salah satu prioritas dengan mempertimbangkan kepentingan nasional, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan produktivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com