Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Langkah Tepat untuk Majukan Industri Komponen

Kompas.com - 29/04/2016, 17:23 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Cibitung, KompasOtomotif – Industri komponen otomotif di Tanah Air dalam waktu lima tahun kedepan harus bisa unggul dari Thailand. Secara sumber daya manusia (SDM), Indonesia jelas mampu, karena jumlah penduduknya lebih besar dari Negeri Gajah Putih.

Namun, untuk mewujudkan semua itu tidak mudah seperti membalikan telapak tangan. Perlu dukungan khusus, terutama dari pemerintah dan pihak terkait lainnya.

Menurut I Made Dana M Tangkas, Ketua Komite Tetap Industri Logam, Manufactur Alat Transportasi, dan Elektronik Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), pihaknya bersama dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sudah memiliki rencana jangka pendek untuk memajukan industri komponen otomotif Indonesia.

“Saya mewakili Kadin dan Gaikindo, setelah melihat tadi di lapangan, memang ada beberapa hal yang harus segera kita tindaklanjuti. Kita punya empat langkah yang bisa dilakukan dalam waktu dekat untuk memajukan industri komponen otomotif,” kata Made di acara Focus Group Discussion FKIN di Cibitung, Jumat (29/4/2016).

Made mengurutkan, langkah pertama, bagaimana membangun industri komponen, dan pemasok yang bisa langsung terkait dengan tier satu, dua, sampai tiga.

Kedua, melihat dari kepentingan pengadaan komponen, perlu segera membangun atau memetakan semua fasilitas, seperti pengujian kendaraan, dan evaluasi. Agar benar-benar bisa mengetahui apa komponen atau suku cadang yang bisa dibuat di Indonesia. Ketiga, lanjut Made, untuk memperkuat itu, harus bisa mengembangkan SDM.

“Tetapi hal yang satu ini, para pabrikan dan perusahaan komponen ada yang sudah melakukannya, seperti membuat training center dan lain sebagainya. Namun, perlu kita tidaklanjuti lagi kedepannya agar lebih maksimal,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Terakhir (keempat), yang tidak kalah pentingnya adalah membuat strategi yang bisa mengundang investor berinvestasi di Indonesia. Namun harus sesuai dengan road map, agar bisa membangun industri komponen otomotif sesuai dengan kebutuhan di Indonesia.

“Saya rasa empat hal itu dulu yang akan kita laksanakan dalam waktu dekat. Untuk jangka panjangnya, kita akan bahas di lain waktu,” ucap Made.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com