Daihatsu Siapkan Mobil Perdesaan?

Kompas.com - 03/05/2016, 08:21 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – PT Daihatsu Astra Motor (ADM) dikabarkan sedang menyiapkan satu model khusus yang bisa digunakan sebagai kendaraan perdesaan. Rumornya, mobil tersebut memiliki tampilan beda dengan mobil Daihatsu lainnya dan kapasitas mesin, hanya 600cc hingga 660cc.

Kabar tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, saat acara Focus Group Discussion (FGD) di Kawasan Industri Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/4/2016).

“Daihatsu mau membuat mobil untuk perdesaan. Namun, belum jelas perkembangannya sekarang sudah sampai dimana,” ujar Putu.

Menurut Putu, pemerintah juga sebenarnya memiliki konsep untuk kendaraan perdesaan yang tergabung dalam program Low Cost Green Car (LCGC). Namun, sampai sekarang belum bisa diputuskan bagaimana spesifikasi khususnya.

“Kalau kita bikin seperti Gran Max nanti bisa berbenturan, makanya dengan adanya institut otomotif bisa menentukan segmen kendaran mana yang kosong, agar tidak bermasalah,” kata Putu.

Ketika kabar itu dikonfirmasi, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, belum mau membuka keran informasinya. Lantas, ketika ditanya apakah sudah mulai dikembangkan, ia sama sekali tidak menjawabnya.

“Maaf tanyanya ke orang yang memberikan pernyataan saja,” ujar Amel panggilan akrabnya saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (2/5/2016).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.