Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Siapkan Mobil Perdesaan?

Kompas.com - 03/05/2016, 08:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT Daihatsu Astra Motor (ADM) dikabarkan sedang menyiapkan satu model khusus yang bisa digunakan sebagai kendaraan perdesaan. Rumornya, mobil tersebut memiliki tampilan beda dengan mobil Daihatsu lainnya dan kapasitas mesin, hanya 600cc hingga 660cc.

Kabar tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, saat acara Focus Group Discussion (FGD) di Kawasan Industri Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (29/4/2016).

“Daihatsu mau membuat mobil untuk perdesaan. Namun, belum jelas perkembangannya sekarang sudah sampai dimana,” ujar Putu.

Menurut Putu, pemerintah juga sebenarnya memiliki konsep untuk kendaraan perdesaan yang tergabung dalam program Low Cost Green Car (LCGC). Namun, sampai sekarang belum bisa diputuskan bagaimana spesifikasi khususnya.

“Kalau kita bikin seperti Gran Max nanti bisa berbenturan, makanya dengan adanya institut otomotif bisa menentukan segmen kendaran mana yang kosong, agar tidak bermasalah,” kata Putu.

Ketika kabar itu dikonfirmasi, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran ADM, belum mau membuka keran informasinya. Lantas, ketika ditanya apakah sudah mulai dikembangkan, ia sama sekali tidak menjawabnya.

“Maaf tanyanya ke orang yang memberikan pernyataan saja,” ujar Amel panggilan akrabnya saat dihubungi KompasOtomotif, Senin (2/5/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com