Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Software Dieselgate” VW Ternyata Buatan Audi

Kompas.com - 20/04/2016, 15:31 WIB

Berlin, KompasOtomotif – Volkswagen AG harus melakukan penarikan kembali beberapa model andalan hingga jutaan unit di dunia karena piranti lunak (software) komponen buatan Audi pada 1999. Selanjutnya software ini digunakan induk perusahaan VW untuk mengelabuhi ambang batas emisi gas buang kendaraan tertentu.

Dikutip dari surat kabar lokal Jerman, Handelsblatt, Selasa (20/4/2016), VW mengakui telah sengaja melakukan kecurangan ini. Mengakibatkan recall hingga 11 juta unit mobil di dunia, termasuk beberapa merek turunan, seperti Audi, Porsche, Skoda, dan Seat.

Para insinyur di Audi mengembangkan suatu software yang mampu mematikan beberapa fungsi pada mesin (1999). Namun, tidak pernah digunakan pada merek premium VW itu, menurut salah satu sumber internal perusahaan.

Enam tahun kemudian, ketika para insinyur VW dari kantor pusat di Wolfsburg kehabisan akal bagaimana caranya menurunkan kadar nitrogen oksida dari gas buang kendaraan supaya mampu memenuhi peraturan yang berlaku, jalan pintas dipilih. Mereka mulai memanfaatkan software yang diciptakan Audi itu.

Terkait informasi terbaru ini, baik VW maupun Audi masih belum mau memberikan pernyataan apapun. Meskipun, penyelidikan yang dilakukan firma hukum Amerika Serikat, Jones Day terus berlangsung. VW menyatakan kalau Jones Day akan mengumumkan laporan terkait masalah ini, akhir April 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com