Kompas.com - 20/04/2016, 15:31 WIB
Volkswagen reutersVolkswagen
EditorAgung Kurniawan

Berlin, KompasOtomotif – Volkswagen AG harus melakukan penarikan kembali beberapa model andalan hingga jutaan unit di dunia karena piranti lunak (software) komponen buatan Audi pada 1999. Selanjutnya software ini digunakan induk perusahaan VW untuk mengelabuhi ambang batas emisi gas buang kendaraan tertentu.

Dikutip dari surat kabar lokal Jerman, Handelsblatt, Selasa (20/4/2016), VW mengakui telah sengaja melakukan kecurangan ini. Mengakibatkan recall hingga 11 juta unit mobil di dunia, termasuk beberapa merek turunan, seperti Audi, Porsche, Skoda, dan Seat.

Para insinyur di Audi mengembangkan suatu software yang mampu mematikan beberapa fungsi pada mesin (1999). Namun, tidak pernah digunakan pada merek premium VW itu, menurut salah satu sumber internal perusahaan.

Enam tahun kemudian, ketika para insinyur VW dari kantor pusat di Wolfsburg kehabisan akal bagaimana caranya menurunkan kadar nitrogen oksida dari gas buang kendaraan supaya mampu memenuhi peraturan yang berlaku, jalan pintas dipilih. Mereka mulai memanfaatkan software yang diciptakan Audi itu.

Terkait informasi terbaru ini, baik VW maupun Audi masih belum mau memberikan pernyataan apapun. Meskipun, penyelidikan yang dilakukan firma hukum Amerika Serikat, Jones Day terus berlangsung. VW menyatakan kalau Jones Day akan mengumumkan laporan terkait masalah ini, akhir April 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.