Korban "Dieselgate", Volkswagen PHK 3.000 Pekerja

Kompas.com - 14/03/2016, 07:21 WIB
|
EditorAgung Kurniawan


Wolfsburg, KompasOtomotif
– Efek skandal uji emisi Volkswagen (VW) di Amerika Serikat (AS) alias “dieselgate” terus merambat. Kini, produsen otomotif terbesar di Eropa tengah ancang-acang untuk mengatatkan ikat pinggang perusahaan, dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 3.000 pekerja di Jerman.

PHK tersebut, seperti diberitakan laman reuters, Senin (14/3/2016) akan dilakukan VW di akhir 2017. Menurut sumber internal VW, langkah tersebut diambil untuk mengimbangi biaya kampanye penarikan kembali (recall) jutaan mobil di seluruh dunia.

Di negara asalnya, VW mempekerjakan sekitar 120.000 pekerja. Dari jumlah itu, divisi jasa keuangan mencakup sepertiga dari total karyawan di Jerman Barat.

“Sekarang ini VW mulai melakukan program efisiensi di semua bidang, termasuk biaya peronil,” ujar sumber tersebut.

Tak hanya itu, tahun ini VW juga telah memotong dana investasi senilai 1 miliar euro atau setara dengan Rp 14,5 triliun. Sehingga totalnya hanya 12 miliar euro sepanjang 2016 ini.

Bahkan, model yang tidak laku di pasaran akan dihentikan penjualannya. Terakhir, jadwal peluncuran produk baru juga ditunda di beberapa negara.

Termasuk salah satunya investasi di Indonesia yang tak kunjung berjalan!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.