Kuras Tangki Bukan Termasuk Servis Rutin Bengkel Resmi

Kompas.com - 24/02/2016, 08:23 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Menguras tangki bahan bakar mobil tidak masuk dalam servis berkala kendaraan di bengkel resmi Toyota. Maka itu sebenarnya tidak ada aturan baku kapan tangki seharusnya dibersihkan total.

Iwan Abdurrahman, Technical Service Division Toyota Astra Motor, menjelaskan, jadwal menguras tangki tidak pakai ukuran angka odometer. Pengerjaannya tergantung kebutuhan, sesuai kesehatan mobil dan gejala yang dirasakan pengemudi.

“Faktanya, tergantung kualitas bahan bakar yang masuk,” ujar Iwan, Senin (23/2/2016).

Kendati tidak masuk dalam menu perawatan rutin, kuras tangki bisa dilakukan di bengkel resmi Toyota sesuai kondisi atau permintaan konsumen. Biayanya disesuaikan standar upah jam kerja teknisi berdasarkan model.

Misalnya, pada Avanza kuras tangki butuh waktu dua jam. Sementara satu jam kerja dihitung sekitar Rp 130.000. Beda lagi dengan Innova, satu jam kerja sekitar Rp 240.000, karena butuh dua jam berarti hampir Rp 500.000.

Tangki bahan bakar kotor adalah sumber penyakit yang sering luput dari pengecekan. Kotoran yang mengendap berpotensi menyumbat suplai bahan bakar ke mesin hingga membuat kerja mesin tidak beres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.