IIMS 2016 Dukung Industri Komponen Dalam Negeri

Kompas.com - 11/12/2015, 09:22 WIB
Mamah Muda Aditya Maulana, KompasOtomotifMamah Muda "Mahmud" selfie di mobil nasional yang dipamerkan di IIMS 2015.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bila sebelumnya Dyandra Promosindo belajar dari Thailand untuk Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, penyelenggaraan pameran tahun depan telah dipastikan terinspirasi dari Amerika Serikat.

Virus baru bagi IIMS 2016 datang dari pameran produk pendukung otomotif, Speciality Equipment Market Association (SEMA), yang digelar setiap tahun di Las Vegas, Nevada, AS. Menurut Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, SEMA adalah contoh perkembangan industri komponen dan produk aksesori dalam skala besar.

Salah satu daya tarik utama SEMA yaitu penampilan mobil-mobil modifikasi dari rumah modifikasi independen, sampai yang mewakili masing-masing pemegang merek (semacam ATPM) di AS. Konsep ini akan coba diaplikasikan di IIMS 2016, sebab dunia modifikasi dalam negeri juga dipandang sangat potensial.

“Ini juga pasar tersendiri, misalnya Nissan dengan Nismo, Toyota dengan TRD, itu kan pasarnya memang ada,” ucap Hendra, selepas konferensi pers IIMS 2016 di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Dari penuturan Hendra juga tersirat, sepertinya mobil-mobil modifikasi resmi itu jadi solusi atas ketidakpastian kehadiran mobil konsep yang selama ini berperan sebagai daya tarik dan tolak ukur level internasional pameran otomotif Indonesia.

"Ke arah sana. Tapi ya tergantung dari ATPM," katanya. 

Komponen dan aksesori 

Mengambil inspirasi dari SEMA juga jadi tanda IIMS ingin terus mendukung perkembangan industri komponen dan produk aksesori dalam negeri. Menurut Hendra, pada IIMS 2016 pertunjukan keduanya bakal dikemas berbeda.

“Industri komponen dan aksesori kita akan coba pisah karena sebetulnya beda spesies. Kita mau mulai 2016 itu dibagi, kita ingin agar lebih terukur, nanti transaksinya bisa terukur,” ujar Hendra.

Kendati mengambil banyak sumber inspirasi, Hendra mengatakan IIMS tidak akan kehilangan jati diri.“SEMA adalah inspirasi bukan kiblat. IIMS 2016 akan tetap jadi IIMS 2015 yang dikembangkan,” kata Hendra.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X