Duet Konsep Moge Retro-Modern Honda

Kompas.com - 19/11/2015, 16:11 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Milan, KompasOtomotif – Honda terus mendalami keinginan konsumen tentang sepeda motor sport. Selain mengusung tunggangan terbaru, mereka juga menyodorkan dua konsep yang lebih punya nafas vintage di EICMA, Milan, 18-22 November 2015. Mereka adalah CB Six50 dan CB4.

Keduanya dibangun dari CB650F dan CBR650F, didesain oleh pusat riset dan pengembangan (R&D) Honda Eropa. Tidak ada keterangan yang bisa digali, hanya konsep yang dipajang dan tentunya meminta pendapat pengunjung untuk diputuskan segera diproduksi atau tenggelam.

motorcycle Honda CB 4 Concept, dibangun dari CB650F.
CB4

Konsep pertama adalah CB4, menggunakan mesin 649 cc 4-silinder segaris . Model ini tampak modern dengan tangki yang simpel tapi punya kesan bertotot. Juluran empat leher knalpot disederhanakan menjadi dua lubang besar-besar di samping kanan.

Rangka utama dan rangka pendukung identik dengan CB650F, begitu juga dengan pijakan kaki. Ciri khas yang bisa dikenali dari model ini adalah penggunaan sepasang corong udara (air scoop) dan pelindung radiator terbuat dari karbon fiber.

Secara keseluruhan bodi lebih bersih, termasuk setang yang menggunakan spion bulat vintage. Jok tampak pendek dan menggantung. Lengan ayun tunggal melengkapi kesan modern-retro yang dimiliki CB4.

motorcycle Honda CB Six50 yang punya tampang scrambler tapi ada sentuhan modern.
CB Six50

Kalau yang ini, Honda lebih mengedepankan konsep Scrambler yang kini sedang tren. Basisnya masih sama, CB650F atau CBR650F. Dari desainnya, sepeda motor ini tampak lebih ”liar”, dilengkapi berbagai komponen yang mendukung penjelajahan di luar aspal.

Misalnya, kombinasi ban ”tahu” dan pelek jari-jari, knalpot yang mendongak, hingga pelindung mesin. Ground clearance juga lebih tinggi. Menariknya, jika para kompetitor cukup bangga dengan scrambler retro, Honda berhasil mengangkatnya lebih modern.

motorcycle Honda CB Six50.
Hal itu dapat dilihat dari pemilihan desain lampu kotak yang futuristik, pakai LED. Tampangnya minimalis tapi modern, dilihat dari tangki yang simpel, berikut setang yang tinggi.

Belum ada rencana Honda memproduksi dua konsep ini. Tapi yang jelas, keduanya berhasil membuka mata bahwa retro tak harus kuno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Motorcycle
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.