Kompas.com - 28/09/2015, 10:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

London, KompasOtomotif – Inggris akan memberlakukan peraturan baru soal merokok di dalam mobil. Mulai 1 Oktober 2015 merokok di mobil atau kendaraan beratap sejenisnya bersama anak kecil di bawah 18 tahun dinyatakan ilegal.

Peraturan baru ini dikembangkan untuk melindungi usia muda dari bahaya menghisap asap rokok bekas. Perokok pasif selalu lebih berbahaya dibanding perokok aktif.

Penyakit yang mengancam yaitu radang tenggorokan (bronchitis), radang paru-paru (pneumonia), radang di otak dan tulang belakang (meningitis), dan kanker. Di kabin mobil potensi menjadi perokok pasif akan lebih besar karena berada di dalam ruangan yang sama dengan perokok aktif.

Siapapun yang ketahuan melanggar akan didenda 50 poundsterling (Rp 1,1 juta) untuk pengemudi dan perokok. Menariknya, dalam peraturan itu menyatakan pengemudi wajib mengehentikan aktivitas penumpang yang merokok. Bila gagal dan tertangkap maka pengemudi tetap didenda walaupun ia tidak merokok.

Peraturan ini tetap berlaku untuk pengemudi mobil dengan sunroof yang terbuka. Ketentuan lain, masih dianggap legal merokok di mobil tipe convertible dan larangan ini tidak berlaku buat “rokok elektrik”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.