Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merokok Semobil dengan Anak, Melanggar Hukum

Kompas.com - 17/02/2014, 10:54 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

London, KompasOtomotif - Anggota parlemen Inggris mengusulkan rencana pengesahan peraturan baru pelarangan pengemudi merokok di mobil ketika bersama anak-anak. Rencana ini kemudian disetujui seluruh anggota parlemen lain meski ada beberapa perbedaan pendapat antara beberapa anggota.

Dalam usulan itu, pemerintah akan memiliki kekuasaan untuk melakukan tuntutan atau memberikan denda jika ada satu orang yang membiarkan anak-anak terkontaminasi oleh rokok ketika di dalam kendaraan. Meskipun, denda yang diberikan relatif ringan. Ide ini juga mendapat dukungan penuh Perdana Menteri Inggris David Cameron dan sebenarnya tidak butuh pengesahan pihak parlemen.

Menteri Kesehatan Publik Inggris Luciana Berger mengatakan, keputusan ini mencerminkan keberpihakkan pada perlindungan kesehatan anak. "Ini kemenangan besar dan akan memberi pengaruh positif pada ribuan anak muda. Ini masalah perlindungan anak, bukan keputusan orang dewasa," beber Berger dilansir Carscoop (16/2/2014).

Beberapa anggota parlemen sempat berselisih pendapat kalau peraturan ini bertentangan dengan hak azasi dan kemerdekaan berprilaku. Tapi, pemungutan suara (voting) dilakukan sampai akhirnya diputuskan pelarangan dengan hasil suara 376 berbanding 107 orang. Regulasi ini juga sudah diberlakukan di beberapa negara lain, seperti Australia, Kanada, dan beberapa negara bagian Amerika Serikat.

Pemerintah Inggris akan memberlakukan peraturan ini sebelum pemilu bergulir, Mei 2015. "Ini merupakan isyu seputar kendaraan yang memungkinkan dikenakan denda karena buhubungan dengan kepentingan kesehatan," jelas Davic Dameron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com