Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonton TV di Mobil Tanpa ”Semut dan Goyang”

Kompas.com - 08/09/2015, 13:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Nonton TV di mobil memang tidak disarankan untuk pengemudi. Namun untuk penumpang, kadang aktivitas ini cukup ”dirindukan”. Menyimak acara favorit di sela kemacetan cukup ampuh membunuh waktu, namun kadang gangguan sinyal yang kurang stabil membuat kenyamanannya berkurang.

Sebenarnya sudah cukup lama ada solusinya, yakni memasang digital TV tuner. Banyak merek menawarkannya di toko aksesori, salah satunya Asuka, merek baru yang pertama kali muncul di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015.

Merek ini mengklaim bahwa digital TV tuner miliknya sangat jernih dan stabil, bahkan saat mobil dipacu hingga 140 kpj. Berdasarkan penjelesan salah satu salesman, hal itu berkat fitur double tunner yang mampu mem-back up salah satu tunner saat gambar goyang.

Klaim lainnya, mobil bisa menayangkan gambar full HD, meski masih bergantung pada kualitas transmitter stasiun televisi.

Satu unit alat ini dipatok Rp 3 juta. Pembeli mendapatkan satu boks peralatan berukuran kecil, bisa diletakkan pada dashboard bawah, konsol tengah, atau bawah jok. Syaratnya cuma mobil harus sudah ada saluran Aux-in, audio, dan video. Daya yang terkonsumsi hanya 6 watt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com