Kompas.com - 08/09/2015, 13:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Nonton TV di mobil memang tidak disarankan untuk pengemudi. Namun untuk penumpang, kadang aktivitas ini cukup ”dirindukan”. Menyimak acara favorit di sela kemacetan cukup ampuh membunuh waktu, namun kadang gangguan sinyal yang kurang stabil membuat kenyamanannya berkurang.

Sebenarnya sudah cukup lama ada solusinya, yakni memasang digital TV tuner. Banyak merek menawarkannya di toko aksesori, salah satunya Asuka, merek baru yang pertama kali muncul di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015.

Merek ini mengklaim bahwa digital TV tuner miliknya sangat jernih dan stabil, bahkan saat mobil dipacu hingga 140 kpj. Berdasarkan penjelesan salah satu salesman, hal itu berkat fitur double tunner yang mampu mem-back up salah satu tunner saat gambar goyang.

Klaim lainnya, mobil bisa menayangkan gambar full HD, meski masih bergantung pada kualitas transmitter stasiun televisi.

Satu unit alat ini dipatok Rp 3 juta. Pembeli mendapatkan satu boks peralatan berukuran kecil, bisa diletakkan pada dashboard bawah, konsol tengah, atau bawah jok. Syaratnya cuma mobil harus sudah ada saluran Aux-in, audio, dan video. Daya yang terkonsumsi hanya 6 watt.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.