Mesin Suzuki Ciaz Berbagi Komponen dengan Ertiga

Kompas.com - 08/09/2015, 07:19 WIB
Suzuki Ciaz jadi modal Suzuki Indomobil Sales berkompetisi di kelas sedan kompak. Stanly Ravel/KompasOtomotif Suzuki Ciaz jadi modal Suzuki Indomobil Sales berkompetisi di kelas sedan kompak.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Suzuki Ciaz yang akan dijual di PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada November nanti diimpor dari Thailand, tapi sedan ringkas ini menggunakan mesin yang beda yaitu K14B, 1.372 cc, DOHC, 4 katup. Di Thailand, sumber tenaga Ciaz berasal dari mesin berkapasitas 1,25L agar bisa ikut regulasi eco car yang berlaku.

Mesin K14B milik Ciaz di Indonesia sama seperti yang digunakan di tanah kelahirannya, India. Dapur pacu itu juga dipakai Ertiga facelift di dalam negeri.

Dari data spesifikasi milik departemen servis SIS yang KompasOtomotif lihat, besar tenaga Ciaz 92 PS (90,7 tk) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga itu identik dengan Ertiga.

“Mesinnya sama seperti Ertiga yang baru, tapi beda di rasio kompresi. Ciaz lebih besar, 1:11. Selain itu tentu ada remapping  ECU (electronic control unit),” kata Sumarno, staff training development SIS, Senin (7/9/2015).

Stanly Ravel/Otomania Mesin Ciaz di Indonesia, K14B, 1.372 cc, DOHC, 4 katup. Mesin ini juga digunakan Ertiga "facelift".
Sebagian besar komponen mesin Ciaz sama seperti Ertiga. Hal ini sebenarnya menguntungkan perawatan konsumen sebab suku cadang tentu bakal lebih mudah dicari.

Dijelaskan lagi, Ciaz juga menggunakan dua jenis transmisi yang sama seperti Ertiga, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Namun bedanya, khusus pada otomatis, fungsi engine brake di gigi satu dilepas sebagai penyesuaian desain sedan. Transmisi itu juga diklaim lebih ringan sekitar 4 kg dari transmisi yang digunakan model lain Suzuki di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.