Kompas.com - 21/07/2015, 12:27 WIB
EditorAzwar Ferdian
Jakarta, KompasOtomotif - Pencurian sepeda motor (curanmor) punya banyak modus operandi. Selain pembegalan, yang masih sering terjadi adalah curanmor saat sepeda motor sedang diparkir, baik itu di rumah atau di tempat-tempat umum.

Biasanya, para pelaku pencurian ini mencari pemilik sepeda motor yang lengah. Lengah di sini adalah pemilik tersebut hanya mengandalkan kunci setang dan pengaman kunci, tanpa memberikan kunci ganda yang sudah banyak dijual.

Selain kunci ganda, ada banyak ragam komponen yang bisa membuat sepeda motor makin aman saat di parkir. Salah satunya adalah alarm untuk motor. Toko Sahabat Motor yang berlokasi di Jalan Otista Kampung Melayu Jakarta Timur menyediakan paket alarm, dengan bermacam harga dan asal pabrikan.

"Produk alarm yang kami sediakan berasal dari Taiwan, China, dan Malaysia, produk yang cukup laku yaitu yang asal Tiongkok. Selain itu juga produk tersebut bisa dikatakan paling murah dibanding produk lainnya," ujar Elfis kepada KompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Harga dibanderol dari Rp 150.000 sampai Rp 350.000. Perbedaan harga sesuai dengan asal produksi. Alarm dengan harga termahal buatan Malaysia dan termurah asal China, sedangkan merek asal Taiwan di posisi harga medium.

"Mereknya tidak terkenal, biasanya yang kita tawarkan di sini hanya asal pabrikan dan harganya saja. Untuk biaya pemasangannya sekitar Rp 100.000 dan untuk jarak sinyal remote-nya 10 meter sampai 15 meter, dan berbeda tiap mereknya," ujar Elfis.

Sulitkan pembegalan

Elfis melanjutkan, alarm ini juga bisa digunakan ketika sepeda motor dibegal. Tombol lock pada remote bisa ditekan dan sepeda motor yang dikendarai pembegal akan mati, selain itu tidak bisa dinyalakan. Namun, tetap pada jarak sinyal yang berlaku, agar sistem pengaman ini berfungsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.