Lampu Pintar Ford Sahabat Pejalan Kaki

Kompas.com - 20/07/2015, 14:03 WIB
Ford kembangkan lampu depan yang bisa mendeteksi pejalan kaki di pinggir jalan. AutofileFord kembangkan lampu depan yang bisa mendeteksi pejalan kaki di pinggir jalan.
|
EditorAzwar Ferdian

Aachen, KompasOtomotif - Teknologi LED (Light-emitting Diode) dan laser telah tersedia untuk lampu depan, tapi Ford telah mengembangkan cara lain yang tidak kalah canggih. Menggabungkan beberapa teknologi, Ford membuat lampu depan yang dapat mendeteksi berbagi rintantangan, disebut Camera-Based Advanced Front Lighting System.

Teknologi itu terdiri dari kamera di depan mobil, sinar inframera, dan GPS (Global Positioning System). Sinar lampu dapat fokus ke pejalan kaki, pesepeda, atau hewan yang bisa saja “sembunyi” di sekitar jalan saat malam hari.

Fitur baru Ford ini dapat mengenali hingga delapan rintangan dalam satu kesempatan sejauh 120 m, berguna menambah kewaspadaan pengemudi. Hasil deteksi juga bisa dilihat di layar di dasbor mobil.

Car and Driver Camera-Based Advanced Front Lighting System.

Kamera berfungsi untuk mendeteksi marka jalan, sinar akan melebar untuk menambah visibilitas. Sedangkan GPS membantu mobil mempelajari rute yang sering dilewati pengemudi, lampu akan semakin terang di tikungan.

“Banyak orang yang mengemudi malam dapat bereaksi cepat bila seseorang atau sesuatu tiba-tiba muncul di jalan,” ujar Vice President of Research and Advanced Engineering Ford Motor Company, seperti diberitakan The Motor Report, akhir pekan lalu.

Camera-Based Advanced Front Lighting System dikembangkan oleh European Research and Innovation Centre milik Ford di Aachen, Jerman. Tidak lama lagi teknologi ini akan digunakan di mobil produksi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.