Yamaha Grand Filano, si Gendut Penurut

Kompas.com - 17/06/2015, 11:48 WIB
Yamaha Grand Filano berkarakter sangat penurut, lincah dan stabil. Arif Arianto for KompasOtomotifYamaha Grand Filano berkarakter sangat penurut, lincah dan stabil.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Sekilas pandang, Yamaha Grand Filano adalah skuter seksi dengan bodi gendut. Lekukannya menunjukkan gaya retro namun terafiliasi dengan nuansa modern. Banderol Rp 28 juta on the road Jakarta—mirip harga NMAX—seharusnya terbayar dengan kenikmatan berkendara yang tak ditawarkan skutik lain.

KompasOtomotif berkesempatan mengajaknya ”bercanda” di jalanan beberapa hari setelah diluncurkan awal Juni 2015. Kesan pertama duduk cukup berbeda. Tidak seperti skutik Jepang lain, karena jarak jok ke tanah lebih tinggi.

Dari data teknis, tinggi jok mencapai 790 mm. Rasanya mirip naik skuter-skuter Vespa berbodi besar, agak jinjit sedikit, khas Eropa. Dek dan setang juga tinggi, memberikan posisi berkendara yang sangat nikmat, apalagi untuk berkendara jarak menengah.

Digeber

Grand Filano dibekali mesin mirip Mio M3 atau All-New Soul GT, yakni 125 cc dengan teknologi Blue Core. Saat digeber, akselerasinya cukup ”narik”, meski tak sekuat Mio M3. Maklum, bodi yang bongsor mungkin membuatnya harus mengeluarkan tenaga ekstra.

Sebelumnya, jangan takut dengan bodi besarnya. Grand Filano sukses bikin KompasOtomotif kaget karena tak seberat yang dibayangkan. Memindahkan dari parkiran ke jalan misalnya, sangat enteng.

Begitu juga saat diajak bermanuver. Sepeda motor ini berkarakter penurut, mudah ditekuk, bahkan untuk meliuk di kemacetan. Kelincahannya didukung ban kecil 12 inci. Redaman suspensi cukup empuk, didukung jok yang juga nyaman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Worth it dengan harganya? Rasanya iya. Karena selain mendapatkan rasa yang berbeda dibandingkan skutik kebanyakan, status terbatas juga membuat nilai sepeda motor ini lebih tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.