Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Awal Menjinakkan ”Raja Jalanan” Yamaha

Kompas.com - 08/06/2015, 15:13 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha MT-25 mungkin menjadi sepeda motor yang sedang ”happening” belakangan ini. Versi telanjang dari R25 itu baru saja diluncurkan Sabtu (6/6/2015), di Jakarta, sekaligus menepis rasa penasaran calon konsumen yang sudah lama menantikan kehadirannya.

Namun sebelumnya, KompasOtomotif mendapatkan kesempatan untuk lebih intim dengan sepeda motor yang diklaim bakal menjadi ”raja jalanan” itu. Melalui test ride khusus, performa naked bike 250 cc tersebut bisa dipetakan satu persatu.

Kesan awal, cukup baik. Arah strategi pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing untuk menjadikan MT-25 sebagai tunggangan sehari-hari terasa klop setelah merasakan duduk di atasnya.

Nyaman

Dibandingkan R25, posisi duduk pada MT-25 jauh lebih nyaman. Hal itu didapat dari penggunaan setang model touring (dalam hal ini mirip kepunyaan Byson) dengan tinggi di atas tangki. Bandingkan dengan R25 yang menggunakan setang jepit dan posisinya lebih rendah.

Tinggi jok dari tanah 78 cm, sangat mudah dijangkau, meski pengendara tak terlalu tinggi. Untuk KompasOtomotif dengan tinggi 172 cm, kaki menapak sempurna. Hal itu dibantu dengan desain tangki yang membuat paha tidak tertahan saat sepeda motor berhenti.

KompasOtomotif-donny apriliananda Yamaha MT-25 didesain untuk nyaman ditunggangi sehari-hari.

Karena posisi duduk tidak membungkuk, untuk pengendara pemula, tidak akan sulit menjinakkan sepeda motor ini. Untuk bermanuver, bahkan berjalan pelan di kondisi macet, MT-25 selincah sepeda motor sport 150 cc.

Fungsional

Beberapa tambahan dibuat untuk memudahkan penggunaan sehari-hari. Adanya ”tanduk” pada jok belakang membuat pengendara mudah untuk memundurkan, atau menggeser sepeda motor saat berada di lahan parkir.

Posisi kaca spion juga tak terlalu menjorok ke samping (lebar), sehingga tidak khawatir jika berjalan di space yang cukup sempit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com