Indonesia Jadi Negara Pertama yang Dapat Mobil Sport Ini

Kompas.com - 02/06/2015, 12:11 WIB
EditorAzwar Ferdian
Ubud, KompasOtomotif - Daihatsu Copen dirancang khusus untuk pasar otomotif Jepang, yang punya segmen kei car (mobil kecil). Sepsifikasi sedan sport kupe convertible ini disesuaikan dengan kebutuhan konsumen Jepang, dan terbukti cukup laris di sana.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Daihatsu di Indonesia, tertarik memboyong dan menjual Copen untuk pasar nasional. Hanya saja, ADM sadar diri dengan tidak menjadikan Copen sebagai volume maker, melihat posisinya yang berada di segmen sulit.

Meski demikian, ADM pantas berbangga diri karena bisa meyakinkan prinsipal Daihatsu Jepang, untuk bisa memasarkan Copen di Indonesia, meski dengan kebijakan khusus. ADM hanya bisa menjual bebas Copen transmisi manual, sementara model CVT dijual untuk kalangan terbatas.

Istimewa Interior Daihatsu Copen
Daihatsu Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memasarkan Copen setelah Jepang. Kenapa disebut pertama? Seperti sudah dijelaskan, Copen awalnya hanya khusus dipasarkan buat Jepang, namun dengan pertimbangan khusus, ADM bisa meyakinkan prinsipal untuk melepas Copen di Indonesia.

"Copen itu dirancang khusus untuk pasar Jepang. Kita negara pertama yang bisa membawa Copen ke luar Jepang. Butuh waktu cukup lama untuk meyakinkan prinsipal agar bisa menjual mobil ini di Indonesia. Perhatikan saja, kami sudah memajang Copen sejak IIMS dua tahun lalu, dan baru bisa dijual Mei 2015," jelas Direktur Pemasaran ADM, Amelia Tjandra kepada KompasOtomotif, akhir pekan lalu.

Copen berstatus impor utuh (Completely Built-up/CBU). Hanya ada satu perbedaan antara Copen di Jepang dan di Indonesia, yakni head unit. Pasalnya, kalau tetap memakai bawaan Jepang, perangkat tersebut tidak akan berfungsi di Indonesia.

Head unit Copen menggunakan model Pioneer, dengan layar 7 inci dan sudah bisa mengakomodir berbagai macam koneksi dan bisa memainkan beragam format file, baik musik atau video. Juga bisa terkoneksi ke ponsel pintar dengan menggunakan Bluetooth maupun Mirror-link.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.