Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2015, 08:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Impian seseorang punya mobil pribadi, baik baru maupun bekas sudah menjadi hal yang lumrah. Apalagi sekarang sudah banyak perusahaan pembiayaan (leasing) yang mau menanggung pembayaran, sehingga konsumen bisa mencicil tiap bulan untuk memiliki mobil impiannya.

Namun, kegiatan mencicil bulanan ini terkadang menyulitkan sebagian konsumen yang tidak siap dengan jumlah pemasukan bulanan yang diterimanya. Hasilnya, mobil impian yang semula dimiliki, harus ditarik pihak leasing karena gagal membayar cicilan bulanan.

Jodjana Jody, Chief Executive Officer PT Astra Sedaya Finance (Astra Credit Companies/ACC) kepada KompasOtomotif menjelaskan, perbedaan karakteristik pencicil mobil baru dan bekas di perusahaan yang dipimpinnya. Menurut Jody, sepanjang 2014 total mobil yang harus ditarik lagi oleh pihak perusahaan karena konsumen gagal mencicil bulanan, mencapai 12.000 unit atau rata-rata 1.000 unit per bulan.

"Ternyata, dari total penarikan yang kami catat, 50 persen itu merupakan mobil bekas, sisanya (50 persen) mobil baru," beber Jody, di Jakarta, belum lama ini.

Menariknya, dari total kredit mobil yang masuk ke ACC, jumlah mobil baru justru mendominasi hingga 70 persen, sisanya (30 persen) mobil bekas). "Artinya, dengan presentase penarikan yang lebih besar, mobil bekas memang lebih berisiko," papar Jody.

Dengan alasan ini, biasanya pihak leasing membatasi usia mobil bekas yang bisa dicicil dengan kredit. Mengingat, semakin tua usia mobil yang mau dibeli, lebih besar juga risiko kendaraan ini rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com