Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Jerman Uji Otonomos di Autobahn

Kompas.com - 30/01/2015, 09:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Jalan bebas hambatan gratis dan tanpa batas kecepatan Autobahn di Jerman didaulat menjadi jalur khusus untuk pengetesan mobil otonomos. Pernyataan ini disampaikan juru bicara Kementerian Transportasi Jerman Ingo Starter kepada wartawan, Bloomberg, Senin (26/1/2015).

Mobil tanpa awak telah diuji di Amerika Serikat dan Jerman, tapi sebagian jalur Autobahn diklaim akan menjadi fasilitas publik pertama yang dirancang untuk kebutuhan itu. “Industri otomotif Jerman telah menyadari lahan ini sedang berkembang. Kami ingin mendukung hal itu,” tutur Strater.

Proyek Jerman di Autobahn memungkinkan mobil uji saling berkomunikasi dan mendeteksi infrastruktur. “Tujuannya menghubungkan jalan dan kendaraan untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan keamanan berkendara,” tambah Starter.

Pengujian pertama dikatakan meliputi pengetesan sensor, mengukur sistem dan komunikasi antar kendaraan. Lokasi tepat pengujian belum diungkap termasuk soal biaya pembangunan fasilitas, tapi dijelaskan mobil otonomos belum menyentuh Autobahn hingga akhir tahun.

Hampir semua manufaktur besar asal Jerman telah memulai pengembangan otonomos. Mercedes-Benz baru saja memperkenalkan konsep mobil premium otonomos F015, Audi telah menguji coba RS7 yang bisa berjalan tanpa pengemudi.

Sementara itu perusahaan berbasis teknologi asal Amerika Serikat Google Inc sudah masuk ke tahap penyelesaian tes di California. Beberapa pengamat industri mengatakan mobil-mobil otonomos sudah bisa dijual ke pasaran lima tahun dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com