Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
NAIAS 2015

GM Siap Rangkul Google untuk Otonomos

Kompas.com - 13/01/2015, 16:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - General Motors Company membuka pintu kerja sama dengan Google Incorporated dalam mengembangkan teknologi otonomos. Komentar ini disampaikan Jon Lauckner, Kelapa Teknologi GM di ajang Detroit Auto Show 2015.

"Saya bukan yang memutuskan apa yang akan dan tidak lakukan, tetapi saya katakan kami sangat terbuka untuk menjalin diskusi bersama mereka (Google)," jelas Lauchkner dilansir Reuters, Senin (12/1/2015).

Komentar ini disampaikan Lauckner, dua hari sebelum Chris Urmson, Kelapa Proyek Mobil Otonomos Google akan memberikan presentasi di seminar tahunan yang juga dihelat bersamaan dengan Detroit Auto Show 2015. Urmson dikabarkan akan menyampaikan rencana kolaborasi Google dengan salah satu pelaku industri otomotif.

Saat ini, hampir seluruh pabrikan mobil, termasuk GM tengah mengembangkan teknologi yang membuat pengemudi dan penumpang lebih aman di jalan. Dalam jangka panjang, teknologi ini mengarah pada kendaraan yang bisa bergerak sendiri, tanpa kendali dari manusia.

Lauckner menegaskan, pabrikan otomotif manapun yang bekerja sama dengan Google harus menjelaskan seperti apa bentuk kolaborasi yang dilakukan. "Anda harus mengetahui bagaimana kolaborasi seperti ini bisa berjalan lancar. Apakah seperti mengerjakan satu proyek bersama?" tukas Lauckner.

GM saat ini mengaku telah bekerja sama dengan orang-orang yang sekarang bekerja di program mobil otonomos Google. Urmson sendiri sebelumnya tercatat sebagai mahasiswa di Carnegie Mellon, di mana pernah berkolaborasi dengan GM mengembangkan SUV otonomos dan meraih penghargaan di ajang DARPA 2007 lalu.

"Saya akan sangat terkejut jika Google tidak punya penawaran. Kami tahu mereka punya orang-orang berbakat dan kami tahu mereka punya kapabilitas," tutup Lauckner.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com