Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Coba Rangkul Merek Besar

Kompas.com - 15/01/2015, 16:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Detroit, KompasOtomotif – Ambisi Google Inc menciptakan mobil otonomos telah dipersiapkan dengan baik. Perusahaan berbasis teknologi internet itu telah menggandeng beberapa perusahaan OEM dan mengatakan membuka kesempatan berkolaborasi dengan pabrikan besar.

Chris Urmson, kepala proyek tim global suplier untuk mobil otonomos bentukan Google memberi pernyataan, Bosch telah menjadi penyuplai buat perlengkapan elektronik dan radar jarak jauh, ZF Lenksysteme untuk komponen setir, LG Electronics memasok baterai, dan Roush sebagai manufaktur.

Dikonfirmasi, perusahaan spesialis manufaktur asal Michigan, Roush, yang memproduksi mobil otonomos Google. Uji coba versi prototipe paling lengkap akan dilakukan di jalan-jalan umum tahun ini.

Dikatakan mobil mampu bergerak tanpa bantuan kemudi, pedal rem dan gas, bahkan bisa berjalan tanpa awak. Meski begitu karena terkait regulasi California, kontrol mobil dan pengemudi ditambahkan untuk pengetesan.

Pabrikan

Google memang belum mengajak pabrikan otomotif besar untuk memproduksi mobil otonomos mereka, tapi Urmson berujar kesempatan itu pasti terjadi di masa depan saat teknologi mobil tanpa awak ini sudah umum.

“Dalam titik tertentu, kami akan mencari rekan untuk membangun mobil seutuhnya dan membawa teknologi ini ke pasar,” papar Urmson saat Automotive News World Congress digelar di Detroit, Kamis (14/1/2015).

Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang usaha Goggle mendekati merek besar, namun Reuters pernah melaporkan di antaranya General Motors, Ford, Toyota, Daimler AG, dan Volkswagen AG. Urmson berpendapat mobil otonomos pertama siap produksi bakal lahir lima tahun dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com