Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napak Tilas Mazda Cosmo Sport dan RX-3

Kompas.com - 27/08/2014, 08:35 WIB
Wisnubrata

Penulis

Hiroshima, KompasOtomotif - Setiap pabrikan mobil umumnya memiliki produk yang sukses dan menjadi legenda, tak terkecuali Mazda. Mobil-mobil produksi Mazda yang dianggap menjadi tonggak sejarah, mendapat tempat terhormat di Mazda Museum, Hiroshima, Jepang.

Saat berkunjung ke museum yang berada di kompleks Mazda Motor Corporation, Senin (18/8/2014) lalu, KompasOtomotif sempat melihat mobil-mobil yang menjadi penentu kelangsungan Mazda hingga saat ini. Deretan legenda itu sekarang menjadi incaran para kolektor.

Biasanya, pemandu museum akan berhenti cukup lama dan memberi keterangan panjang lebar terkait mobil legendaris yang dipajang. Itu sudah menunjukan mobil yang ada di depan kita adalah produk yang penting.

Cosmo Sports 110
Selain R360 coupe, mobil penumpang pertama Mazda buatan tahun 1960, model yang mendapat sorotan adalah Cosmo Sports 110. Ini adalah produk pertama Mazda yang menggunakan mesin rotary. Cosmo Sports dirilis perdana pada 1967 dan yang berakhir di 1972.

Istimewanya, produksi Cosmo Sport dibuat dengan tangan, dalam arti tidak banyak tangan robotik yang dipakai. Saat itu pabrik Mazda belum dilengkapi teknologi robotik canggih seperti sekarang. Karenanya produksinya pun tidak banyak, hanya satu mobil dalam satu hari.

Mazda menamakan mobil ini dengan sebutan Cosmo, karena saat itu dunia sedang tergila-gila dengan perlombaan menjelajahi luar angkasa. Mazda ingin menunjukkan bahwa mobil ini mewakili visi ke depan, dan merupakan hasil pengembangan teknologi mutakhir saat itu.

Mobil kategori sport ini juga pernah menjadi andalan Mazda dalam ajang balap. Pada 1968, Mazda menurunkan Cosmo dalam Marathon de la Route, balapan 84 jam di Nurburgring, Jerman. Keikutsertaannya pada saat itu antara lain untuk membuktikan keandalan mesin rotary.

Kompas.com/Wisnubrata Mazda Savanna RX-3

Savanna RX-3
Model unggulan selanjutnya adalah Savanna RX-3 yang diperkenalkan pada 1971. Populer dengan sebutan Mazda RX-3, hadir dengan bodi lebih kecil namun lebih sporty dibanding pendahulunya, Mazda Capella RX-2. RX-3 adalah salah satu produk yang laris dalam penjualan.

Walau banyak dipakai sebagai mobil keluarga, Savanna RX-3 juga pernah mencicipi sirkuit balap, menyusul pendahulunya Mazda Cosmo Sport. Tampil perdana pada September 1971, pada ajang balap Fuji 500.

Baca juga: Bersua Legenda Balap dan Mobil Terlaris Mazda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com