Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain RX-7, Mazda Siapkan RX-9 Terbaru?

Kompas.com - 25/08/2014, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sydney, KompasOtomotif - Gosip mobil sport terbaru Mazda bermesin rotary kembali merebak. Motoring, pekan lalu, mengklaim Mazda tengah menyiapkan tidak hanya satu, melainkan dua mobil sport rotary yang bakal diperkenalkan dalam beberapa tahun ke depan.

Sebelumnya, RX-7 terbaru dikabarkan datang pada 2017. Saat itu bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-50 Cosmo Sport, mobil produksi bertenaga rotary pertama.

Kompas.com/Wisnubrata Mazda Cosmo Sport 110S, mobil Mazda pertama yang menggunakan mesin rotary. Dibuat tahun 1967.

Setelah itu, saat perhatian dunia tertuju pada Tokyo Olympic Games 2020, generasi baru mobil sport RX-9 akan diperkenalkan. Momen ini penting, sebab juga menandai ulang tahun ke-100.

“Ide ini sangat fantastis, 2017, (buat) rotary baru. Kami merayakan rotary pada 2017, kemudian 2020 adalah tanggal Olimpiade di Tokyo dan perayaan ulang tahun Mazda ke-100,” jelas Kepala Mazda Global Sales and Marketing Yasuhiro Aoyama, kepada Motoring.

Hal ini bisa dipercaya sebab disebutkan Mazda untung sekitar 1,88 triliun dollar AS pada tahun fiskal di Maret 2014. Kemungkinan besar, ada ekspansi pengembangan untuk mobil sport dari divisi R&D.

Melihat tren mobil sport di era modern, besar kemungkinan RX-7 dan RX-9 merupakan “spesies” hibrida.

Autocar Rekaan Mazda Garap RX-7 2016
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com