Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Test Drive All-New Mazda2 di Jepang

Sensasi Geber All-New Mazda2 di Sirkuit Tokachi

Kompas.com - 26/08/2014, 16:36 WIB
Wisnubrata

Penulis

Tokachi, KompasOtomotif — Malam belum lama beranjak saat rombongan wartawan dari Indonesia meninggalkan kota Obihiro menuju wilayah Tokachi, tepatnya di Tokachi International Speedway, Hokkaido, Jepang. Acara pada Rabu (20/8/2014) ini adalah yang terpenting dari seluruh rangkaian perjalanan bersama Mazda di Jepang, di mana kami akan mencoba model terbaru, All New Mazda2.

Temperatur pagi itu sekitar 14 derajat celsius dan cuaca cerah. Menurut ramalan cuaca Jepang, matahari akan bersinar sepanjang hari di wilayah Tokachi. Jalanan yang basah oleh hujan kemarin telah mulai mengering. Jejak-jejak air hanya terlihat di daun-daun pohon dan ujung-ujung ilalang. Hari yang tepat untuk mencoba mobil baru, mengingat hari sebelumnya rombongan wartawan dari negara lain mencoba mobil dengan kondisi trek basah karena hujan deras.

Rombongan tiba di sirkuit sekitar pukul 09.00, angin dingin menyambut saat pintu bus terbuka. Semua saling menunggu dan ingin segera melihat All New Mazda2, tetapi mobil masih “disembunyikan” di balik pintu-pintu garasi sirkuit. Sambil menunggu, wartawan diajak berkeliling sirkuit dengan bus agar lebih mengenal tikungan-tikungannya. Lalu, setelahnya ada penjelasan singkat soal mobil yang akan diuji.

Kompas.com/Wisnubrata Mazda2 Skyactiv 1500 cc yang ieperkenalkan di sirkuit Tokachi, Obihiro, Jepang, Rabu (21/8/2014)
Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu tiba. Mazda2 terbaru telah siap di sisi sirkuit. Penampilan perdananya ini langsung disambut jepretan puluhan kamera dari berbagai sisi. Semua orang ingin segera menjajal untuk mengendarainya.

Para wartawan dipisah menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan mencoba di lintasan panjang dengan tikungan-tikungan tajam. Di lintasan ini, mobil bisa digeber hingga batas maksimal. Lalu, lintasan kedua adalah untuk mencoba mengendarai mobil layaknya penggunaan sehari-hari. Lintasannya pun dibuat seperti jalanan aspal pedesaan, bukan lintasan balap. Masing-masing kelompok akan bergantian menggunakan dua jalur itu.

Mazda Motor Corporation Penampilan Mazda2 di Sirkuit Tokachi, Hokkaido, Jepang, Rabu (21/8/2014)
Langsung ke lintasan sirkuit
KompasOtomotif berkesempatan mencoba Mazda2 di lintasan balap lebih dahulu. Deru mesin langsung terdengar saat memencet tombol Start/Stop yang aada di kiri setir. Tuas transmisi digeser ke posisi Drive, mobil pun melaju melahap tikungan-tikungan di awal sirkuit.

Terasa model terbaru Mazda2 bisa mulus melahap tikungan dengan kecepatan tinggi. Bagian belakang mobil tidak terseret alias oversteer, saat menikung dengan kecepatan sekitar 100 kpj. Suspensinya pun terasa rigid dan mampu menahan mobil tidak terasa oleng.

Dalam mode Sport, mobil ini menunjukkan keunggulannya. Hanya saja, sensasi kepala "dijambak" tak terlalu terasa saat mobil dipacu. Pergantian transmisi saat pengereman (engine brake) tidak menimbulkan goncangan tiba-tiba, tetapi secara bertahap.

Memasuki jalur lurus, hatchback ini menunjukkan keperkasaannya. Dengan mudah jarum speedometer mencapai angka 150 kpj, dengan kondisi mobil berisikan empat orang. Beberapa rekan wartawan lain yang nyalinya lebih besar mencapai kecepatan 170 kpj di jalur ini.

“Bila jalurnya lebih panjang, kecepatan ini masih bisa bertambah,” ujar seorang wartawan. Dalam kecepatan itu, mobil masih terasa stabil, tidak bergetar, dan tetap mudah dikendalikan.

Bersambung ke:

"Jinba Ittai" Coba Menyatu dengan All New Mazda2

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com