Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahnya Beli Sepeda Motor Bekas dan Terjamin

Kompas.com - 09/06/2014, 14:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Beli sepeda motor baru kemahalan? Mungkin unit sepeda motor bekas (motkas) adalah solusinya. Jangan khawatir, sebab kini dealer motkas telah menata diri ke arah yang lebih baik, jauh dari kesan “penipuan” seperti masa silam.

Jumlah jaringan pemasaran semakin menjamur di Jakarta dan sekitarnya, kualitas barang dan pelayanannya pun semakin bagus. Ricky Yohanes, pimpinan dealer motkas Setia Kawan Motor (SKM), di daerah Depok, mengatakan, kelebihan memilih motkas adalah ketersediaan unit ready stock serta tentu harga di bawah sepeda motor baru.

“Di SKM kita sedia sekitar 100 unit, kelas bebek 40 unit dan matik 60 unit, kalau sport paling hanya 4-5 unit. Untuk wilayah Depok, sekitar 1.000 unit sepeda motor bekas laku setiap bulan. Paling besar memang didominasi Adira Finance, sekitar 500 unit,” ujar Ricky kepada KompasOtomotif, Senin (9/6/2014).

Sasaran, konsumen menengah ke bawah dengan keterbatasan biaya pembelian. Dijelaskan, unit motkas memang pasti kalah soal kualitas, umur pakai pun semakin berkurang karena bekas pakai. Namun yang ditekankan, kini dealer siap memberikan garansi mesin 3-6 bulan ditambah jasa service gratis selama setahun.

“Beberapa tahun lalu citra motkas jelek di masyarakat. Ada anggapan berisiko karena banyak yang tertipu dengan kondisi sepeda motor. Akhirnya sekarang rata-rata semua dealer menjamin dengan memberikan garansi. Ga perlu khawatir beli motkas,” ucap Ricky.

BPKB
Urusan penggantian nama kepemilikan kendaraan di Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dipermudah. Kebanyakan dealer telah memiliki biro jasa tersendiri untuk mengurus penggantian identitas tersebut.

“Beli sekarang bisa langsung balik nama, biayanya Rp 300-500 ribu dikerjain dealer. Pajaknya panjang dan BPKB baru, rata-rata konsumen pilih langsung balik nama. Bisa saja pilih menunggu (sampai pajak habis), kita bantu pengurusan nanti tapi biayanya tanggung sendiri,” jelas Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com