Kompas.com - 19/03/2014, 13:39 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Phoenix, KompasOtomotif - Di gelaran International Manufacturing Technology Show (IMTS) September 2014, di Chicago, pabrikan kreatif asal Amerika, Local Motors (LM) bertekad menampilkan seluruh proses penciptaan mobil produksi yang dibuat dengan menggunakan mesin cetak 3 dimensi (3D). LM selalu berusaha menampilkan inovasi segar setiap tahun, pada 2012 model pertama dengan konsep kendaran segala medan, Rally FIghter, debut perdana di ajang yang sama. 

Konsep ini sebenarnya tidak lagi tergolong baru, namun masalahnya tetap sama, yakni menemukan printer yang bisa menghasilkan kreasi sebesar panel mobil. Meski tidak mudah, LM berjanji mobil yang dicetak bakal rampung dalam 5 hari. 

Diyakini, perkembangan teknis dan teknologi produksi bisa menghasilkan mobil yang lebih kuat, aman, dan efisien. Dalam acara tersebut akan diperlihatkan bagaimana seluruh proses berlangsung, berapa banyak komponen yang digunakan, sekaligus pembuktian apakah mobil yang dihasilkan layak digunakan berlalu lintas. Selain menggunakan tenaga listrik, LM belum ada penjelasan lain.

Unit pertama langsung menjadi milik asosiasi teknologi perakitan (AMT) AS yang menyatakan tertarik dengan desain dan proses produksi. “Inovasi yang mereka lakukan telah memberdayakan banyak inovator sejak 2007,” ucap salah satu sumber AMT.

Dijelaskan, metode yang digunakan berasal dari kombinasi ide banyak sumber. Kendaraan dibuat sebagai produk berkelanjutan, ramah lingkungan, dan memiliki banyak keuntungan. Seperti, memangkas biaya produksi, sekaligus menciptakan peluang kerja.

Penasaran? simak video ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.