Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Teknologi Infiniti Diadopsi Datsun

Kompas.com - 09/02/2014, 10:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Chennai, KompasOtomotif - Menjadi merek terakhir yang bertarung di segmen mobil murah dan harga terjangkau di Indonesia, membuat Datsun lebih siap mengarungi pasar. Selain berusaha menawarkan produk yang lebih baik, juga membekalinya dengan dua teknologi merek premium, Infiniti.

Kedua kelengkapan ini diklaim tidak ditawarkan pada kendaraan sekelasnya, mobil kota. Teknologi pertama ada pada sistem jok depan yang dibekali dengan Spinal Support. "Teknologi ini memang bukan baru, tapi hanya ditawarkan pada mobil-mobil kelas menengah atas dan kini ada pada Datsun," jelas Kazuyuki Yamaguchi, Kepala Rekayasa Kendaraan Datsun di Chennai, belum lama ini.

Bentuk jok didesain sedemikian rupa untuk memperingan beban badan yang ditopang sepenuhnya oleh tulang punggung dalam posisi duduk. Ketika mobil menikung, tingkat stress sendi di tulang belakang bisa bertambah dan ini diperbaiki dengan adanya teknologi Spinal Support.

Infiniti Q50
Kedua, teknologi "High Response Linier Damper" yang selama ini dikenal menjadi standar di Infiniti lansiran terbaru, Q50. Berfungsi untuk mempertahankan laju kendaraan tetap stabil dengan menjaga gerak suspensi belakang meski melewati jalan tidak rata. Itu merupakan efek yang biasa tercipta ketika mengendarai sedan.

"Artinya, mampu menjaga kenyamanan penumpang. Selain itu kekuatan suspensi belakang kami perkuat 30 persen lebih baik dari kompetitor," lanjut Kazuyuki.

Agung Kurniawan Sistem audio Datsun unik.
Wiper
Teknologi baru lain, yakni sensor pada wiper. Tingkat kecepatan wiper bisa mengikuti kecepatan laju kendaraan dalam kondisi hujan secara otomatis. Di balik setir, ada takometer digital menampilkan berbagai informasi berguna bagi pengemudi. Mulai dari, level konsumsi bahan bakar, panduan pemidah transmisi, dan tingkat bahan bakar yang tersisa di tangki.

Paling eksentrik, adalah sistem "Mobile Docking Statio" yang menghapuskan fungsi audio pada kendaraan. Jadi, fungsinya memegang konsol ponsel pintar Anda dan mengoneksikannya dengan speaker di dalam kabin. Datsun berfikir, jika semua kelengkapan pemutar musik digital, sistem navigasi, pemutar radio, dan semua yang ada di ponsel pintar, senisa mungkin dimaksimalkan.  Selain menghemat, fitur ini juga lebih praktis ketimbang membekalinya dengan sistem audio standar single DIN yang minim fitur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com