Toyota-Daihatsu Ekspor Agya ke Filipina

Kompas.com - 29/01/2014, 08:06 WIB
|
EditorZulkifli BJ

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia akan mengekspor 6.030 unit Agya CBU ke Filipina, yang diresmikan minggu depan (3/2/2014). Untuk ini, Toyota tetap mengandalkan PT Astra Daihastu Motor (ADM) - sebagai perakit - langsung dari pabriknya diKarawang, Jawa Barat.

Upacara pengiriman unit perdana rencananya dihadiri sejumlah pejabat negara, termasuk Menteri Perindustrian MS Hidayat, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Budi Darmadi, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Masahiro Nonami dan Presiden Direktur ADM, Sudirman Maman Rusdi.  

"Ekspor dilakukan oleh kami (ADM) tetapi menggunakan merek Toyota. Sama seperti Avanza atau Town Ice," jelas Rio Sanggau, Kepala Pemasaran Domestik ADM di Jakarta Selatan, kemarin (28/1/2014) yang belum mau menjelaskan tipeAgya yang diekspor. 

Domestik
Selain ekspor, Toyota Indonesia juga berharap banyak pada Agya di pasar domestik. Tahun ini, data TMMIN menunjukkan mobil hasil kolaborasi dengan Daihatsu itu produksinya ditargetkan 64.851 unit,  hampir tiga kali lipat (186,7 persen) dari tahun lalu cuma 22.619 unit. Maklum, tahun lalu, mulai dijual September.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.