7 Juta Pengemudi di Inggris Ternyata Berusia di Atas 65 Tahun!

Kompas.com - 19/01/2014, 17:49 WIB
Pengemudi tua di atas 65 tahun justru dinyatakan lebih aman mengemudi di Inggris. parkhill.k12.usPengemudi tua di atas 65 tahun justru dinyatakan lebih aman mengemudi di Inggris.
|
EditorAris F. Harvenda

London, KompasOtomotif – Lebih dari tujuh juta pengemudi di Inggris berusia di atas 65 tahun, yang artinya 19 persen dari pemegang SIM di sana sudah memasuki usia pensiun. Juga terungkap, lebih dari empat juta berusia di atas 70-an tahun, lalu sejutanya berusia 80-an tahun. Yang menarik, tercatat hampir 200 orang di antara mereka berumur lebih dari 100 tahun!

Data ini muncul setelah Institute of Advanced Motorists (IAM) meneliti usia pemilik SIM di Inggris, didapat dari Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA). Tak hanya usia yang diungkap, perolehan poin para ”pengemudi tua” juga cukup baik. Dari pengemudi berusia 65-80 tahun, 5 persen mendapat poin bagus. Lalu pengemudi di atas 80 tahun, 3 persen juga mendapat poin baik.

Fakta ini bakal menyinggung para pengemudi 40-an tahun yang hanya 10 persen dari mereka mendapat poin baik. IAM lalu membuat pernyataan, bahwa pengemudi yang sudah tua justru lebih jarang mengalami kecelakaan di jalan.

”Rata-rata pengemudi berusia tua punya reaksi lamban. Makanya, mereka menggunakan pengalaman di jalan untuk mengompensasi kecepatan pada setiap kesempatan. Ini membuat banyak pengguna jalan lain yang paham dan mendapat banyak ruang,” ujar IAM dalam rilisnya seperti dikutip Visordown.

Chief Executive IAM, Simon Best, mengatakan, jumlah pengemudi tua di Inggris akan cenderung meningkat. ”Dalam 20 tahun, satu dari 10 orang akan memasuki usia 80 tahun. Kebijakan untuk mereka diperlukan, untuk menjaga pengemudi independen yang mengemudi dengan aman selama mungkin,” tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber visordown
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.