F1 Kanada

Vettel Kuasai Kualifikasi, Massa Kecelakaan

Kompas.com - 09/06/2013, 01:53 WIB
Rogerio Barbosa
EditorAris F Harvenda

Kanada, KompasOtomotif - Sebastian Vettel berhasil menempatkan diri start paling depan F1 Kanada sebagai seri ke-7, setelah dalam sesi kualifikasi menjadi yang tercepat. Dalam mengitari sirkuit Gilles Villenuve berjarak 4,2 km itu, pebalap andalan tim Infiniti Red-Bull Racing ini mengukir waktu terbaik 1 menit 25,425 detik, Sabtu (8/6) atau minggu dini hari di Indonesia.

Tanda-tanda kalau Vettel bakal menguasai kualifikasi sudah diperlihatkan di sesi I menjadi yang tercepat. Dalam babak terakhir (Q3), pebalap asal Jerman itu saat masuk lintasan sudah langsung mencatat waktu fantastis 1:25,425. Sementara para pesaingnya masih 1 detik lebih lambat bahkan ada yang dua detik.

Di garis start sterdepan, Vettel akan didampingi Lewis Hamilton. Pebalap Mercedes itu kalah cepat 0,087 detik, tapi masih berpeluang untuk memenangkan lomba.

Tak disangka, rookie Valtteri Bottas dari tim Williams menjadi tercepat ketiga. Ini bukan suatu kebetulan karena ia terus lolos sejak sesi pertama. Ia didampingi juara F1 Monaco Nico Rosberg di urutan keempat. Di belakang mereka bertengger duet Mark Webber (Red Bull) dan Fernando Alonso (Ferrari).


Kualifikasi (Q) I : Grosjean tidak lolos

Tak beda dengan latihan bebas ketiga (paginya), kualifikasi berlangsung diiringi gerimis kecil. Felipe Massa yang sudah masuk lintasan dengan ban jenis kering (slick), masuk lagi ke pit untuk ganti ban intermediate.

Meski sudah menggunakan ban intermediate, tak sedikit pebalap harus kerja keras menjinakkan keliaran mobil. Seperti Hamilton, terpaksa mengambil meluruskan mobil ketika melintas di tikungan "S". Button sampai harus melindas "curve" di tikungan, sama seperti dilakoni Massa.

Roda Ferrari Fernando Alonso sempat masuk ke rumput lepas tikungan pertama dan beruntung tidak sampai mencium dinding pembatas. Kejadian serupa dialami Kimi Raikkonen yang bisa mengarahkan mobil kembali masuk lintasan.

Sisa waktu 5 menit, catatan waktu terbaik silih berganti diukir para pebalap papan atas. Berawal dari Webber dengan 1:23,247, kemudian dipertajam oleh Alonso yang 0,023 detik dan ditutup oleh Vettel dengan 1:22,318.

Di luar dugaan, Grosjean gagal lolos ke kualifikasi kedua. Dalam upayanya di masa injury time, pebalap Lotus itu diganggu gerimis hujan cukup deras, sehingga ia harus start dari urutan ke-19. Kalau pun lolos, pebalap Perancis ini kemungkinan start dari baris tengah lantaran kena penalti mundur 10 grid sebagai hukuman dari Monako.


Q 2: Massa kecelakaan

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X