Pengguna Ganja Boleh Mengemudikan Mobil di Michigan

Kompas.com - 28/05/2013, 18:31 WIB
EditorAris F Harvenda

Lansing, KompasOtomotif – Aturan aneh baru saja dikeluarkan oleh pengadilan Michigan Supreme Court, Michigan, Amerika Serikat, kemarin (27/5) yang menyatakan bahwa pemakai ganja legal untuk medis, tidak melanggar hukum ketika mereka tertangkap berkendara setelah menggunakannya.

Keputusan itu sekaligus membatalkan kasus yang menimpa Rodney Koon, saat dia diberhentikan polisi pada 2012 karena tancap gas melewati batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan. Koon ditengarai menghisap asap lintingan ganja legal untuk medis, dan hasil tes darahnya, positif.

Memakai marijuana ilegal di Michigan. Namun pengadilan tertinggi setempat membuat pengecualian untuk ganja legal buat medis, sejak ganja dilegalkan untuk obat-obatan sejak 2008. ”Ada perlindungan khusus untuk pasien dari tuntutan penggunaan marijuana,” kata hakim dikutip USAToday.

Masalahnya, untuk bisa mendakwa, polisi dan penegak hukum harus bisa menunjukkan bahwa pengemudi berkendara di bawah pengaruh ganja. Nah, kata-kata ”di bawah pengaruh” inilah yang rancu. Bagaimana membuktikannya?

Akhirnya muncul saran dari pengadilan kepada pembuat hukum - parlemen - untuk memberi batasan pengaruh ganja, seperti kandungan alkohol dalam darah. Dengan begitu, batasan menjadi lebih jelas, khususnya bagi pengguna ganja legal yang sedang mengemudi mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.