Penjualan Gajah Tunggal Naik Hampir 10 persen

Kompas.com - 11/08/2012, 14:14 WIB
GM berniat menciptakan teknologi baru yang lebih efisien. Aris F. HarvendaGM berniat menciptakan teknologi baru yang lebih efisien.
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - PT Gajah Tunggal Tbk (GT), produsen ban nasional berhasil membukukan penjualan bersih Rp 6,366 miliar pada semester pertama 2012, meningkat 9,4 persen  dari periode sama tahun lalu.

"Prestasi tersebut didapat dari penjualan replacement dalam negeri dan meningkatnya pesanan dari pabrikan roda empat yang bekerjasama dengan kami. Padahal, saat ini kami mengalami penurunan pada pasar roda 2 OEM, pengiriman ke Michelin dan ekspor ke Eropa," ujar Arijanto Notorahardjo, General Manager Marketing GT.

Pada kuartal 2 tahun ini, perseroan telah menyelesaikan pembelian hampir 100 hektar lahan dengan harga sekitar 108 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,02 triliun di kawasan industri, Karawang, Bekasi. Lahan tersebut sebagian digunakan untuk trek uji coba (proving ground) produk baru. Pembangunan dimulai dalam beberapa bulan mendatang dan akan usai sekitar akhir 2014. Sebagian lainnya dipakai untuk ekspansi perluasan pabrik.

Ke depan, pihaknya mulai memproduksi ban untuk truk dan bis. Produksi tersebut akan dilakukan secara bertahap selama 3 tahun ke depan. Targetnya, mampu memproduksi 1.500 - 2.000 ban perhari. Capex total untuk program ini diperkirakan mencapai 150 juta AS setara Rp 1,425 triliun selama periode 3 tahun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X