Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KIA Punya Mesin 3 Silinder Turbo

Kompas.com - 18/03/2012, 07:53 WIB

Geneva, KompasOtomotif - Beberapa produsen mobil di dunia gencar memangkas jumlah silinder, menurunkan volume dan membuat mesin kecil ramah lingkungan serta punya tenaga yang bagus. Termasuk KIA, meski produsen mobil Korea itu sudah memilikinya, tapi merasa perlu menciptakannya sebagai alternatif. Kini, mereka   memiliki varian mesin yang terdiri dari 4 silinder bensin, diesel dan terbaru diesel 1.1-liter 3 silinder .

Untuk menyajikan tenaga yang mumpuni pada mesin kecil tersebut, KIA  memasang turbo di jantung pacu 3 silindernya. "Sekali waktu Anda mulai mengurangi kapasitas mesin, pasti suatu saat ada keinginan untuk mengurangi jumlah silinder. Dan untuk memberi perlawan terhadap tenaga yang dihasilkan kami tidak takut memasang turbo dengan teknologi yang terus berkembang. Kini kami senang bisa menghadirkannya ke pasar," ujar Dr. Joachim Hahn, Kepala Divisi Mesin Penggerak KIA, di penghujung pameran Geneva Motor Show lalu.

Secara perdana mesin diesel 3 silinder 1.1-liter turbo akan diperkenalkan pada model hatchback, KIA Rio. Satu hal yang pasti menurut Hahn, terobosan baru ini bakal menekan tingkat emisi CO2.

Sejalan dengan itu, Hahn juga terus mengembangkan mesin yang dapat memberikan emisi yang mendekati 'nol' yang hanya dimungkin kan oleh mobil elektrik. "Ada keuntungan yang bisa diambil dikarenakan kami merupakan grup yang besar yang mampu menjual lebih dari 6 juta kendaraan pertahun. Itulah sebabnya kita harus menunjukkan perkembangan dalam sektor mesin dengan mulai memproduksi mobil dengan jantung pacu hibrida atau bahkan plug-in," tutup Hahn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com