Tahun Depan Yamaha Perbanyak Sepeda Motor Injeksi

Kompas.com - 15/11/2010, 07:31 WIB
EditorZulkifli BJ

JAKARTA, KOMPAS.com — Pasar sepeda motor nasional makin marak tahun depan. Pasalnya, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) berencana meluncurkan dua model baru berteknologi injeksi (fuel injection/FI) pada tahun depan.

Ikhwal ini dibisikkan oleh sumber terpercaya, Paulus Sugih Firmanto, General Manager Promotion and Motorsport YMKI. "Satu bebek dan satu lagi skutik. Dua saja tahun depan," ujar Paulus Sugih Firmanto kepada KOMPAS.com. Sayang, Paulus tidak mau memberikan rincian tentang produk baru tersebut.

Dua produk ini berkaitan dengan semangat Yamaha mulai memproduksi sepeda motor dengan standar emisi Euro3, sesuai dengan target Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI). Nah, untuk melakukannya diperlukan teknologi FI. Bahkan, pada tahun 2011 Yamaha berkomitmen akan menargetkan 50 persen dari seluruh line-up produknya dibekali FI.

Sampai sekarang, baru V-ixion yang dibekali dengan sistem injeksi. Nah, meski sedikit spekulasi, ada hubungan kuat antara target Yamaha dan dua model baru yang diluncurkan pada tahun depan.

"Ya, arahnya memang ke sana. Tetapi, saya belum bisa cerita lebih banyak," ujar Muhammad Abidin, Manager Technical Departement-Service Division YMKI.

Bebek dan skutik
Sementara itu, terkait rencana Honda memasarkan CBR250R, Yamaha mengaku belum punya rencana menyentuh segmen itu. YMKI menilai, segmen tersebut belum banyak diminati karena mengarah pada segmen konsumen atas.

"Yamaha belum punya produk untuk bersaing di kelas 250 cc. Tahun depan, kami masih  fokus   pada bebek dan skutik. Mungkin 2012 akan memimkirkan sport 250 cc," beber Paulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.