Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Pajero Terbelah karena Tabrak Truk di Tol | Alasan Sopir Bus dan Truk Dilarang Injak Pedal Rem saat Jalan Menurun | Pemesan BeAT Tembus 4.000 unit di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua pengendara dapat belajar dari kecelakaan maut yang membuat Mitsubishi Pajero Sport terbelah karena menabrak bagian belakang truk tronton di Tol Semarang-Batang, Sabtu (22/6/2024).

Pasalnya, pengemudi disebut kurang fokus berkendara sehingga tidak awas terhadap kendaraan di sekitar. Padahal truk teronton itu sedang berhenti.

Selain itu, artikel mengenai alasan sopir bus dan truk yang dilarang injak rem saat jalanan menurun juga mencuri perhatian pembaca di kanal otomotif Kompas.com pada Minggu (23/6/2024).

Jumlah pemesanan Honda BeAT terbaru di Jakarta juga tak ayal mendapat sorontan tersendiri. Berikut 5 artikel tepopuler Kompas Otomotif pada akhir pekan;

1. Belajar dari Pajero yang Terbelah karena Tabrak Truk di Tol Semarang

Kejadian kecelakaan maut terjadi melibatkan Mitsubishi Pajero Sport dan truk di Tol Semarang-Batang, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (22/6/2024), pukul 07.45 WIB.

Mobil Pajero dari arah Jakarta menuju Semarang menabrak bagian belakang truk tronton yang sedang berhenti di bahu jalan. Saat kejadian, sopir truk tidak ada di belakang kemudi karena sedang buang air kecil.

Dikutip dari KompasTV, pengemudi Pajero tidak melihat truk yang sedang parkir di pinggir tol. Pengemudi juga tidak fokus karena telah menempuh perjalanan jauh dari Sumatera menuju Blitar.

2. Kenapa Sopir Bus dan Truk Dilarang Injak Pedal Rem Saat Jalan Menurun?

Pemakaian rem utama secara terus menerus, berulang dan lama akan membuat komponen mengalami overheat sehingga beberapa malfungsi rem akan terjadi.

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan mengatakan hampir semua peristiwa rem blong terjadi di jalan menurun.

“Hal ini tak lepas dari minimnya pengetahuan, maka dari itu setiap sopir bus dan truk harus dibekali dengan teknik mengemudi saat melewati jalan menurun, tak cukup hanya mengandalkan autodidak,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Kamis (20/6/2024).

3. Kecelakaan Fatal Pajero Sport, Ini Pentingnya RUP Bumper Belakang Truk

Mitsubishi Pajero Sport menabrak bagian belakang truk di Tol Semarang-Batang, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (22/6/2024), pukul 07.45 WIB.

Pengemudi Pajero disebut kurang konsentrasi dan menabrak bagian belakang truk tronton yang sedang berhenti di bahu jalan. Truk berhenti di pinggir sebab sopir sedang buang air kecil.

Hal yang bisa disorot dari dua kecelakaan tersebut ialah proteksi tambahan yaitu bumper belakang truk alias Rear Underrun Protection (RUP). Fitur perangkat tambahan yang krusial menyangkut keselamatan di jalan.

4. Pemesanan All New Honda BeAT Tembus 4.000 Unit di Jakarta

Sejak meluncur pada 3 Juni 2024, All New Honda BeAT yang mendapat sederet fitur canggih dan desain baru sudah laku hingga ribuan unit.

Seperti diketahui, untuk varian termurah All New Honda BeAT dibanderol mulai dari Rp 18,612 juta (tipe Sporty Combi Brake System/CBS) OTR Jakarta dan Tangerang.

Sementara itu, varian di atasnya dijual Rp 19,901 juta (CBS ISS Deluxe ACC), lalu Rp 19,901 juta (Street ACC), dan Rp 20,431 juta (Sporty Deluxe Smart Key ACC).

5. Tiga Motor Baru MForce Resmi Meluncur di Jakarta Fair 2024

MForce Indonesia meluncurkan tiga produk sekaligus di Jakarta Fair Kemayoran, Sabtu (22/6/2024).

Ada dua model dari CFMoto yakni CLC 450 dan Papio X02, serta satu lagi WMoto Letbe Neon.

Assistant Manager Sales & Marketing MForce Indonesia Julius Sofyan mengatakan, ketiga motor punya segmen yang berbeda-beda, misal seperti CLC 450 yang gayanya cruiser dengan mesin besar, Papio dengan model uniknya dan Letbe Neon di segmen matik.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/06/24/060200215/-populer-otomotif-pajero-terbelah-karena-tabrak-truk-di-tol-alasan-sopir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke