Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Masih Banyak yang Keliru, Ini Perbedaan Transmisi Matik AT dan CVT | Generasi Baru Honda Freed Tampil Lebih Sederhana

JAKARTA, KOMPAS.com - Continuously variable transmission (CVT) merupakan salah satu jenis transmisi matik yang banyak dijumpai pada mobil-mobil modern dewasa ini.

Rupanya, antara CVT dan transmisi matik konvensional automatic transmission (AT) memiliki banyak perbedaan meski secara pengoperasiannya hampir sama. Sehingga, hal ini kerap membuat konsumen salah paham.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan transmisi CVT didesain khusus untuk mobil perkotaan sehingga tidak cocok untuk melibas tanjakan.

Selain itu, Honda siap meluncurkan Freed generasi ketiga di Jepang pada Juni 2024 mendatang. Multi purpose vehicle (MPV) pintu geser yang akan segera hadir ini mengadopsi gaya yang terinspirasi dari Step WGN dengan ukuran yang lebih besar.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (10/5/2024), Freed generasi baru tersedia dalam pilihan standar Air dan Crosstar dengan penampilan yang lebih tangguh.

Tak hanya itu, Freed anyar ini juga bakal dibekali mesin berteknologi hibrida. Bicara soal eksterior, Freed generasi baru hadir dengan tampilan yang lebih minimalis.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 11 Mei 2024 :

1. Masih Banyak yang Keliru, Ini Perbedaan Transmisi Matik AT dan CVT

“Khusus transmisi matik CVT sebaiknya tidak dipaksakan untuk melibas tanjakan, karena jika dipaksakan dengan menginjak pedal gas dalam akan berisiko merusak puli dan sabuk bajanya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Meski demikian, Hardi mengatakan transmisi CVT lebih unggul dalam hal efisiensi bahan bakar karena sistemnya membuat percepatan selalu menyesuaikan diri dengan lebih akurat.

2. Generasi Baru Honda Freed Tampil Lebih Sederhana

Perbedaan paling ketara antara varian Air dan Crosstar ada di bagian depan, di mana standar lebih sederhana dengan garis horisontal, sementara varian Cross lebih gagah dengan gril kotak aksen aluminium.

3. Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik yang Benar Saat Berhenti di Tanjakan

Ketika berhenti di jalanan menanjak salah satu yang perlu diperhatikan pengemudi mobil matik adalah posisi tuas transmisi. Hal ini mencegah mobil bergerak mundur secara tidak sengaja saat berhenti di jalan tanjakan.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, posisi tuas transmisi saat berhenti di tanjakan bisa disesuaikan sesuai kondisinya, sehingga mobil tidak akan mundur.

4. Link Live Streaming MotoGP Perancis 2024, Sprint Race Pukul 20.00 WIB

MotoGP Perancis 2024 yang digelar di Sirkuit Le Mans sepertinya akan berjalan sangat menarik. Sebab, banyak beberapa pebalap favorit yang justru gagal lolos langsung ke Q2.

Pada sesi Practice, Jorge Martin berhasil kembali menjadi yang tercepat. Diikuti Francesco Bagnaia di posisi kedua yang juga sanggup mempertajam catatan waktunya.

5. Video Honda Brio Satya Terserempet Truk Akibat Menyalip dari Kiri

Banyak ditemui pengemudi kendaraan roda empat yang nekat menyalip dari kiri di jalan raya. Seperti unggahan video Instagram @lowslowmotif, Sabtu (11/5/2024), terlihat Honda Brio Satya dengan pelat nomor S 1283 EG tersangkut truk akibat ingin menyalip dari kiri.

Dalam video tersebut, Brio Satya berhenti dan tidak bisa maju karena terhimpit truk dan pembatas jalan, akhirnya mau tidak mau truk berjalanan dengan menyerempet bodi kanan Brio Satya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/12/064100115/-populer-otomotif-masih-banyak-yang-keliru-ini-perbedaan-transmisi-matik-at

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke