Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi, Liberty Media Jadi Pemilik Baru MotoGP

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik Formula 1 (F1), Liberty Media, mengumumkan telah resmi mengakuisisi MotoGP. Perusahaan media asal Amerika Serikat ini akan menjadi induk dua ajang balap bergengsi di dunia.

Liberty Media resmi mengambil alih MotoGP dari Dorna Sport dengan nilai kontrak 4,2 miliar euro atau setara Rp 71,7 triliun. NIlai itu lebih besar dari yang disebutkan sebelumnya, yaitu 4 miliar euro atau sekitar Rp 68,5 triliun.

Kesepakatan bisnis akan selesai pada akhir tahun 2024 dan tunduk pada penerimaan izin dan persetujuan dari otoritas hukum persaingan usaha dan investasi asing di berbagai yurisdiksi.

Di bawah Liberty Media, Dorna yang sebelumnya merupakan pemegang hak MotoGP akan tetap menjadi perusahaan yang dijalankan secara independen.

Dorna akan menjadi bagian dari Liberty Media karena telah mengakuisisi 86 persen saham Dorna, sedangkan manajemen Dorna tetap memiliki 14 persen saham.

Greg Maffei, Presiden dan CEO Liberty Media, mengatakan, pihaknya senang bahwa suksesi ini berjalan dengan baik. Ke depannya, MotoGP tetap dijalankan oleh Dorna yang kini dimiliki Liberty Media.

"Kami sangat senang dapat memperluas portofolio asetri saham pelacakan Formula One Group milik Liberty Media," kata Maffei, dilansir dari Crash, Selasa (2/4/2024).

"Carmelo Ezpeleta akan tetap menjabat sebagai CEO Dorna. Ezpeleta dan timnya akan terus menjalankan bisnis ini. Bisnis ini akan terus berbasis di Madrid, olahraga dan hiburan langsung terkemuka kami dengan akuisisi MotoGP," katanya.

Maffei mengatakan, MotoGP adalah balapan global dengan basis penggemar yang loyal dan antusias. MotoGP merupakan balapan yang memukau dan mendatangkan pendapatan yang tidak sedikit.

"Carmelo dan tim manajemennya telah membangun sebuah tontonan olahraga yang luar biasa yang dapat kami kembangkan ke khalayak global yang lebih luas," ungkap Maffei.

"Bisnis ini memiliki potensi yang signifikan, dan kami berniat untuk mengembangkan olahraga ini untuk para penggemar MotoGP, tim, mitra komersial, dan pemegang saham kami," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/04/02/130304015/resmi-liberty-media-jadi-pemilik-baru-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke