Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gara-gara Tikus, Kabin Xpander Ini Dibongkar Total

JAKARTA, KOMPAS.com - Hewan pengerat seperti tikus tidak hanya sudah di tempat kotor seperti selokan. Namun, tidak jarang tikus masuk ke dalam mobil, baik itu ke ruang mesin atau bahkan di kabin. Hal ini tentu tak hanya menimbulkan bahaya, tetapi juga kerugian yang besar bagi pemilik mobil.

Seperti video yang diunggah oleh akun Tiktok bernama @zubir.motif. Dalam rekaman tersebut memperlihatkan kabin Mitsubishi Xpander yang sedang dibongkar, lantaran beberapa kabel digigit tikus.

“Sekadar kita bagi informasi, kalau ada serangan tikus seperti ini, ini mobil Xpander salah satu unit punya owner kita sudah kena serangan tikus. Mungkin sebabnya ada makanan yang ketumpahan ketika mengkonsumsi makanan di dalam mobil. Jadi bagusnya itu dibersihkan terus, jangan dibiarkan makanan itu mengendap, bisa menjadi seperti ini. Ini mobil masih bagus sekali tapi bagian kabel-kabelnya sudah digigit tikus. Ini kalau dibiarkan kelamaan, wire-wire ini bisa rusak parah,” ucap pria dalam video tersebut.

Kerusakan pada bagian kabel memang cukup fatal dan tidak bisa disepelekan. Pada kasus paling parah, mobil bisa mengalami korsleting dan harus dilakukan servis penggantian kabel total yang sangat memakan biaya.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor mengatakan, tikus menyukai ruang lembab dan berbau. Maka dari itu langkah utama yang harus dilakukan pengemudi adalah menghindari hal tersebut.

“Pengguna bisa memakai kamper (kapur barus) untuk menghilangkan kelembaban. Tikus juga tidak suka aroma dari kamper,” ucap Noval.

Untuk menggunakan metode ini, pemilik kendaraan cukup menyiapkan beberapa kain seperti kaus kaki bekas yang diisi kamper dan disebar di beberapa titik di bagian engine bay mobil.

Adapun titik yang harus diperhatikan adalah bagian dekat fuse box atau kotak sekring. Menurut Noval, fuse box adalah bagian yang paling sering rusak akibat tikus.

“Kalau kamper sudah disebar, besar kemungkinan tikus menjauhi mobil. Cara ini terbilang efektif sekali, bisa dicoba supaya kabel mobil tetap aman,” kata Noval.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/19/183100515/gara-gara-tikus-kabin-xpander-ini-dibongkar-total

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke