Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Mobil Tua buat Harian, Perhatikan Komponen Ini

JAKARTA,KOMPAS.com - Mobil tua memiliki banyak peminat, sejumlah pemilik membeli mobil merek tertentu untuk digunakan harian, atau menjadi bahan koleksi.

Namun, perawatan mobil yang berusia di atas 10 tahun, biasanya membutuhkan dana yang relatif cukup besar. Pemilik mobil mesti teliti untuk mencari suku cadang yang langka di pasaran. 

Tantangan itu yang membuat pemilik mobil pemula akhirnya memilih membeli mobil baru. Bagi penghobi, sebenarnya merawat mobil tua dianggap mudah dan asyik. Seperti yang dikatakan Pendiri Komunitas Motuba Muhsin Riyadi. 

"Mobilnya murah dan sedulurnya banyak. Yang banyak dihindari itu, anggapan klise mobil tua rewel, suku cadang susah, dan bengkel spesialisnya dimana. Tapi, zaman sekarang ada sosmed, WA, tinggal join komunitas ketemu penyakit-penyakitnya. Suku cadang mudah dan melimpah," kata Muhsin kepada Kompas.com, belum lama ini. 

Bicara perawatan, masalah pada mobil-mobil tua biasanya sangat spesifik. Penyebab mobil mogok kebanyakan berasal dari oli dan radiator. Untuk itu, pemilik mobil tua perlu memperhatikan kondisi dua komponen tersebut. 

Masalah lainnya adalah mobil tiba-tiba mati karena malfungsi di sistem pengapian. Mobil tua akan bandel dan nyaman digunakan untuk berlibur atau mudik ke luar kota jika pemiliknya memahami karakter mesin. 

"Perawatan radiator paling perlu. Jangan sampai jarum indikator diatas suhu ideal. Jika itu ditemui, langsung berhenti. Pastikan tidak ada kebocoran oli mesin dan radiator. Banyak pemilik mobil tua yang melakukan modifikasi ringan pengapian, biar tidak repot setel platina," kata Muhsin. 

Selain itu, kondisi kaki-kaki khusus mobil tua tipe sedan, city car dan hatchback juga harus terawat. Dibandingkan model MPV dan hatchback, tiga model itu membutuhkan perawatan yang khusus agar mobil nyaman digunakan. 

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/02/183304215/pakai-mobil-tua-buat-harian-perhatikan-komponen-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke