Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Ambulans Terhalang Pengemudi Wanita Saat Sedang Bertugas

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial video yang memperlihatkan mobil ambulans terhalang oleh pengemudi wanita di salah satu ruas jalan.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama @dashcamindonesia, Jumat (3/3/2023).

Dalam tayangan tersebut terlihat satu unit ambulans yang hendak melintas di salah satu ruas jalan sambil membunyikan sirene. Ambulans tersebut diketahui sedang membawa pasien yang sudah tidak sadarkan diri.

Namun, di tengah perjalanan terhalang oleh satu unit mobil Toyota Rush yang dikendarai oleh seorang wanita. Pengemudi wanita tersebut terlihat tidak menepikan kendaraannya, padahal di sisi kiri jalan masih terdapat ruang untuk menghindar.

Bahkan pengemudi mobil Rush itu sampai dibantu oleh penumpang mobil dari arah berlawanan dan warga sekitar untuk diarahkan menepikan kendaraannya, namun tidak juga bergerak.

“Pasiennya sudah tidak sadar ini pak, tolong dulu pak. Itu di kiri nya luas ibu, tolong ibu,” ucap pria dalam video tersebut.

“Saat dihadapkan pada kondisi yang mendadak cenderung panik terutama di jalan raya. Hal ini karena minimnya kompetensi yang dimiliki,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/3/2023).

“Saat bertemu ambulans lewat di lajurnya, pikirannya hanya 1 arah. Kenapa ada kendaraan lain yang berlawanan arah di lajurnya, ditambah bunyi sirene yang menambah kepanikan pengemudi. Boro-boro disuruh antisipasi, yang ada pasti matung,” lanjutnya.

Sony melanjutkan, salah satu alasan pengemudi wanita tidak dapat bereaksi cepat karena jam terbangnya rendah dan tidak pernah dihadapkan pada situasi darurat.

Selain itu, menurut Sony, ada baiknya pengemudi ambulans juga berkendara dengan etika, meski dalam keadaan yang mendesak.

“Tidak salah lewat lajur berlawanan karena mendesak, tapi tetap ada cara dan aturannya. Jadi jangan asal ngebut yang justru bikin pengemudi lain panik. 30 kpj di lajur berlawanan arah adalah bahaya, sekalipun ambulans. Ingat, budaya dan perilaku pengemudi di Indonesia ini unik-unik,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/04/064200215/video-ambulans-terhalang-pengemudi-wanita-saat-sedang-bertugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke