Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Industri Otomotif Optimis Capai 2 Juta Unit Mobil di 2030

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif optimistis pasar mobil domestik bisa menembus 2 juta unit pada tahun 2030.

Kondisi terebut, ditopang dengan stabilnya pertumbuhan ekonomi, peluncuran model-model baru di segmen gemuk, dan masih rendahnya rasio kepemilikan mobil Tanah Air yaitu 99 unit per 1.000 orang.

Mobil di segmen A dan B dengan banderol di bawah Rp 300 juta akan memimpin pertumbuhan pasar hingga 2030, karena cocok dengan daya beli masyarakat Indonesia.

Sementara itu, kapasitas produksi mobil nasional sebanyak 2,3 juta unit per tahun dipercaya sanggup menopang penjualan mobil 2 juta unit. Tapi kini memang kapasitas terpakai belum maksimal.

Demikian dikatakan Kasubdit Industri Alat Transportasi Darat Ditjen IMATAP Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Dodiet Prasetyo dalam diskusi "Tancap Gas Kejar Target Pasar Mobil 2 Juta Unit” yang digelar Forum Wartawan Industri (Forwin) di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

"Pemerintah bisa melakukan intervensi untuk meningkatkan kapasitas produksi dan penjualan mobil. Pemerintah juga mendorong peralihan mobil dari ICE ke elektrifikasi,” ucapnya dia.

Optimisme tersebut juga diamini oleh Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy yang menjadi salah satu panelis di diskusi itu.

Ia mencatat, tahun 2000-an, pasar mobil domestik hanya 300.000 unit. Namun, pada 2012, pasar mobil sudah menembus 1 juta unit.

Adapun tahun lalu, pasar mobil kembali menembus 1 juta unit, setelah sempat terpuruk pada 2020 akibat pandemi Covid-19 dan mulai pulih pada 2021.

“Pemicu pertumbuhan pasar otomotif adalah kenaikan PDB per kapita, yang dapat mendongkrak daya beli masyarakat. Dengan begini, mereka bisa membeli mobil dan menggenjot pasar,” kata Anton.

Dia menyatakan, sejauh ini, mobil di segmen A dan B dengan kapasitas mesin kecil, harga di bawah Rp 300 juta masih menjadi motor pertumbuhan penjualan. Kontribusi segmen ini terhadap total pasar mencapai 48 persen.

Contoh mobil di segmen ini adalah LCGC Agya, LMPV Avanza-Veloz, dan Toyota Rush. Di luar itu, Anton menerangkan, mobil niaga berperan signifikan, karena ekonomi tumbuh.

“Segmen ini perlu dikembangkan untuk mendongkrak pasar mobil. Di Toyota, mobil segmen A dan B menyumbangkan 70 persen dari total penjualan,” kata Anton.

Dia menambahkan, industri mobil juga sanggup memacu ekspor. Di era 2000-an, ekspor mobil utuh sangat kecil, namun tahun lalu sudah mencapai 473 ribu unit. Artinya, produksi mobil tahun lalu sudah berkisar 1,4-1,5 juta unit.

Dari sini, dia menilai, target produksi mobil 2 juta unit yang sempat disebut pemerintah bukan mustahil, karena ekspor juga cukup kuat.

Contohnya, Toyota sudah mulai mengekspor Kijang Innova Zenix tahun ini ke beberapa negara dengan target 8.000 unit.

Diketahui, tahun lalu penjualan mobil domestik mencapai 1,013 juta unit, naik 18 persen dari tahun 2021.

Sementara ekspor mobil utuh (completely built up/CBU) melejit 60 persen menjadi 473.000 unit. Dengan demikian, total produksi mobil mencapai 1,4 juta unit.

Dodiet pun menyatakan, industri otomotif tumbuh 10,67 persen tahun lalu, di atas laju ekonomi 5,3 persen dan industri 5,01 pesen.

Jumlah ini juga di atas rata-rata pertumbuhan industri mobil dunia yaitu 3,1 persen.

Dalam periode itu juga, dia menyatakan, produksi mobil 1,4-1,6 juta unit, terdiri atas penjualan domestik 1 juta unit dan ekspor 478.000 unit.

Adapun tahun ini, produksi mobil dibik 1,6 juta unit. Dengan demikian, dibutuhkan tambahan produksi 400.000 unit untuk mencapai target produksi 2 juta unit.

“Jika semua syarat itu terpenuhi, pasar mobil akan mencapai 2,1 juta unit tahun 2030, di luar faktor mikro, seperti perubahan preferensi masyarakat yang bisa saja lebih memilih memakai transportasi umum atau angkutan online," kata pengamat otomotif LPEM UI Riyanto.

"Kemudian, bisa saja generasi muda nantinya lebih memilih investasi ketimbang membeli mobil,” lanjutnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/23/185503615/industri-otomotif-optimis-capai-2-juta-unit-mobil-di-2030

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke