Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Jenis Pelanggaran yang Bisa Tertangkap ETLE Mobile | obil Terlaris November 2022, Brio Melesat, Xpander-Stargazer Anjlok

JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya baru saja merilis kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile pada Selasa (13/12/2022).

Kamera tilang elektronik itu akan dipasang di mobil patroli petugas kepolisian untuk merekam pelanggaran lalu lintas.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan, peluncuran ETLE Mobile merupakan bentuk inovasi yang tentunya bersifat obyektif, transparan, bertanggung jawab, dan humanis.

Selain itu, Honda Brio kembali berhasil menjadi mobil terlaris di pasar dalam negeri selama November 2022 mengalahkan pesaing utamanya di daftar teratas, yaitu Toyota Avanza dengan total penjualan 7.102 unit.

Diolah dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pencapaian tersebut seiring konsistensi penjualan Brio, yang mengalami kenaikan 26,8 persen dari satu bulan sebelumnya.

Sementara Avanza dalam periode sama, terpantau masih mengalami penurunan 22 persen menjadi 3.859 unit. Kondisi ini menambah torehan buruk pada produk kendaraan keluarga 7-penumpang andalan Toyota Indonesia itu sejak semester kedua 2022.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 14 Desember 2022 :

1. Jenis Pelanggaran yang Bisa Tertangkap ETLE Mobile

“ETLE Mobile dapat memberikan jaminan kepada masyarakat untuk mendapat kepastian hukum yang adil dan tidak pandang bulu di jalan raya,” ucap Fadil dalam peluncuran ETLE Mobile, Selasa (13/12/2022).

Setidaknya terdapat 11 kamera tilang yang disematkan pada mobil patroli petugas kepolisian untuk merekam pelanggaran lalu lintas. Mobil tersebut nantinya berkeliling di sejumlah titik, terutama yang belum terjangkau ETLE statis.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Latif Usman sebelumnya menjelaskan, mobil patroli yang sudah disematkan ETLE itu mampu berjalan hingga kecepatan 40 kilometer per jam. 

2. Mobil Terlaris November 2022, Brio Melesat, Xpander-Stargazer Anjlok

Alhasil, membuat Avanza terpaksa terlempar dari posisi lima besar mobil terlaris bulanan di pasar nasional. Sebelumnya, Avanza rata-rata mencapai total penjualan bulanan 10.000 unit tetapi usai Lebaran angkanya terus turun.

Tampak memanfaatkan peluang tersebut, Daihatsu Sigra berhasil melesatkan penjualan di pasar domestik hampir dua kali lipat dari bulan sebelumnya, yakni 3.738 unit jadi 6.830 unit (83 persen).

Kinerja ini sekaligus menjadikan Sigra sebagai mobil murah alias Low Cost Green Car (LCGC) paling laris jelang akhir tahun 2022. Sebab tepat berada di belakangnya, diisi oleh mobil niaga yaitu Suzuki Carry PU dengan penjualan sebanyak 5.066 unit.

 

3. Pantau E-TLE, Kapolda Metro Jaya Minta Pelat RF Ditindak

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran belum lama ini melakukan peninjauan ke Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Fadil menegaskan bahwa pengguna pelat nomor RF tidak akan diberi pengecualian.

Fadil meninjau langsung penggunaan E-TLE statis. Dia juga menanyakan kepada petugas seberapa banyak pelat RF yang melanggar peraturan lalu lintas.

 

4. Pakai Mobil Manual, Bolehkah Oper Gigi Tidak Berurutan?

Mengendarai mobil transmisi manual dibutuhkan teknik berkendara yang tepat agar perjalanan lebih nyaman.

Bagi pengendara mobil manual, memindahkan tuas persneling gigi saat berkendara merupakan salah satu bagian yang tidak boleh terlewatkan.

Akan tetapi, banyak pengendara mobil manual yang memindahkan gigi dengan cara langsung melompat ke nomor yang lebih tinggi.

5. Beli Mobil Listrik Dapat Insentif Rp 80 Juta, Motor Listrik Rp 8 Juta

Aturan subsidi untuk pembelian kendaraan listrik atau battery electric vehicle (BEV) nampaknya bakal segera diterbitkan.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, insentif terkait pembelian kendaraan listrik atau konversi tersebut sudah dalam tahap finalisasi.

“Pemerintah sekarang sedang dalam tahap finalisasi, menghitung, untuk memberikan insentif terhadap pembelian mobil dan atau motor listrik. Insentif akan diberikan kepada pembeli yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia,” ucap Agus Gumiwang, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (14/12/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/15/060200015/-populer-otomotif-jenis-pelanggaran-yang-bisa-tertangkap-etle-mobile-obil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke