Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Indonesia: Kami Akan Jual Mobil Listrik Tahun Ini

MEDAN, KOMPAS.com - Toyota melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek (APM) dipastikan akan mulai menjual mobil listrik tahun ini di pasar otomotif nasional. Namun belum terungkap model apa yang bakal dirilis dalam waktu dekat ini.

"Kita akan menjual mobil listrik tahun ini (2022)," ujar Vice President TAM Henry Tanoto di Samosir, Sumatera Utara, Senin (18/7/2022).

Ketika ditanya mengenai model apa, Henry belum mau membuka keran informasinya lebih lanjut.

Namun, besar kemungkinan adalah Toyota bZ4X karena beberapa bulan lalu TAM sudah menyebut mobil listrik itu sudah tiba di Indonesia sebagai bagian dari persiapan untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada November 2022.

Mengenai waktu peluncuran mobil listrik yang dimaksud Henry juga belum tetungkap. Indikasinya bisa dirilis dan mulai dijual bertepatan dengan pameran otomotif tahunan, GIIAS pada 11-21 Agustus 2022 di ICE, BSD.

Sebab, jika bZ4X disiapkan untuk G20 maka GIIAS 2022 menjadi waktu yang tepat untuk peluncuran mobil listrik itu.

Perlu diketahui, Toyota akan menghadirkan 143 unit bZ4X untuk digunakan sebagai salah satu kendaraan mengawal perhelatan KTT G20 di Bali pada November 2022. Mobil akan dibawa secara utuh dari Jepang alias Completely Built-up (CBU).

Pengembangan Toyota bZ4X dilakukan bersama dengan Subaru. Toyota bZ4X akan menggunakan platform e-TNGA yang telah didesain untuk kendaraan listrik Toyota.

Nama bZ sendiri adalah singkatan dari Beyond Zero dan merupakan sebutan untuk keluarga kendaraan listrik Toyota yang akan datang. Perusahaan telah mengajukan merek dagang untuk bZ1X hingga bZ5X.

Mobil listrik ini dibekali baterai lithium-ion 355 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh. Baterainya ditanam di bawah lantai dan memiliki pengontrol suhu untuk efisiensi. Sekali isi penuh baterai, mobil listrik ini bisa menjangkau jarak 500 km untuk tipe FWD dan 460 km untuk tipe AWD.

Baterainya mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian daya DC hingga 150 kW yang mampu mengisi daya 80 persen dalam 30 menit.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/20/111845615/toyota-indonesia-kami-akan-jual-mobil-listrik-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke