Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mercedes Benz Bakal Luncurkan Truk Bertenaga Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Mercedes Benz Trucks akan memamerkan kendaraan listrik eActros LongHaul pada acara IAA Transportation yang diselenggarakan September 2022 di Hanover Jerman.

Mengenai truk listrik eActros, sebenarnya sudah diperkenalkan pada 2020 dan tahun ini akan dipamerkan bentuk "concept prototipe" ke khalayak. Jadi akan diperlihatkan seperti apa bentuk eActros dan rangkaian produknya yang nanti dijual.

Sebenarnya untuk prototipe eActros yang pertama sudah melakukan tes di jalan. Sedangkan untuk model LongHaul, tes di jalanan akan dimulai pada tahun ini.

Kemudian di 2023 produk prototipe yang mendekati produksi akan dites 'kerja' oleh customer. Rencananya di 2024, berbagai seri dari eActros akan siap dijual.

Dalam siaran resmi, tidak banyak spesifikasi dari eActros yang didapatkan. Tersedia gambar silet serta konsep truk listrik yang segera dipasarkan nanti.

Mercedes Benz Trucks mengklaim dalam sekali cas, eActros LongHaul bisa menempuh jarak sampai 500 km. Selain itu, truk listrik Mercy ini akan dibekali dengan high-performance charging atau disebut megawatt charging.

eActros LongHaul menggunakan baterai lithium-iron phosphate (LFP) yang punya usia pakai yang panjang. Baterai ini diklaim bisa dicas dari 20 persen ke 80 persen di bawah 30 menit di charging station dengan output 1 megawatt.

Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks mengatakan, menyajikan kendaraan listrik untuk kebutuhan transportasi jarak jauh adalah tonggak perjalanan menuju netralitas CO2.

"eActros LongHaul adalah kendaraan baterai-listrik yang layak secara ekonomi bagi pelanggan kami. Saya dan tim berharap dapat menghadirkan truk inovatif ini kepada pelanggan dan publik pada bulan September,” ucapnya dikutip dari siaran resmi, Selasa (21/6/2022).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/21/134100915/mercedes-benz-bakal-luncurkan-truk-bertenaga-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke