Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Detail Ubahan Daihatsu Sirion Facelift, Apa Saja yang Baru?

TANGERANG, KOMPAS.com - Daihatsu New Sirion resmi meluncur di Indonesia. Mobil yang pertama diluncurkan pada 2007 ini hadir untuk mengisi segmen city car.

Ada beberapa perbedaan antara Sirion facelift dengan All New Sirion yang meluncur pada 2018. Daihatsu membaginya dalam tiga kategori, yaitu stylish, fun to drive dan comfort.

Pada sisi eksterior, Sirion hadir dengan desain bumper baru, headlamp yang lebih gaya, serta spion warna hitam yang membuat tampilannya lebih sporty.

Pembaruannya yaitu desain meter cluster MID modern baru dengan beragam opsi pilihan menu yang informatif. Kemudian headunit kini dapat terkoneksi langsung dengan ponsel pintar.

Kualitas udara di kabin meningkat sebab New Sirion kini dilengkapi dengan air purifier. Kualitas udara lebih baik karena sirkulasi udara yang lebih bersih dan lebih sehat.

Kenyamanan berkendara ditunjang dengan transmisi D-CVT yang dapat meningkatkan akselerasi berkendara lebih responsif.

Dendy Triyanto, Executive Coordinator Head of Product I Department PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan pilhan transmisi CVT karena sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

"Kenapa memilih CVT karena kita arahnya semua ke sana. Daihatsu Jepang sudah pakai CVT, jadi di kita mulai di upgrade. Orang suka yang CVT karena langsung (tidak ada jeda), ini baru pakai dual mode slip gear," ungkapnya saat dikonfirmasi, Kamis (2/6/2022).

Fitur keselamatan juga ditingkatkan, di mana New Sirion sudah memakai Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu secara otomatis ketika melewati kecepatan 20 kpj.

Fitur lainnya yaitu adanya Hill Start Assist (HSA) yang dapat mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik.

"Agar dapat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas ketika siap bermanuver," ungkap Dendy.

Selain itu ada Idle Stop System yang berfungsi mematikan kinerja mesin sementara secara
otomatis ketika kendaraan dalam kondisi berhenti agar lebih hemat konsumsi bahan bakar.

Fitur dapat diaktifkan ataupun dinonaktifkan oleh pelanggan sesuai kebutuhan.

Adapun fitur lainnya yang sudah ada yaitu front & side air bag pada bangku baris depan, key free, engine start-stop button, digital air conditioner, serta pengaturan kursi yang fleksibel.

New Sirion tersedia dalam dua varian dengan transmisi D-CVT. Tipe 1.3X dibanderol Rp 227.600.000, sedangkan varian 1.3R seharga Rp 236.800.000. Harga tersebut berstatus OTR DKI Jakarta.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/02/164100715/detail-ubahan-daihatsu-sirion-facelift-apa-saja-yang-baru-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke