Salin Artikel

Wacana Mazda Menjual Mobil Listrik MX-30 di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Keseriusan Indonesia untuk memulai era elektrifikasi kendaraan bermotor mendapat sambutan baik dari berbagai produsen otomotif, salah satunya Mazda.

Melalui agen pemegang merek, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), disebutkan bahwa produsen asal Jepang tersebut tidak ingin ketinggalan dalam melangkah ke kendaraan ramah lingkungan berbasis baterai.

Hanya saja, langkah ini membutuhkan waktu mengingat kesiapan prinsipal terkait dalam hal produksi dan infrastruktur pendukung yang tersedia.

Ricky Thio, Managing Director PT EMI mengatakan, pihaknya tidak akan tinggal diam soal pengembangan mobil listrik untuk pasar lokal.

“Kami tidak hanya tinggal diam (untuk pasar Indonesia), tapi kita mempelajari dengan sangat hati-hati. Apakah dampak seperti infrastruktur yang meliputi lokasi charging station, penanganan limbah baterai, hingga persiapan dari sisi pembangkit tenaga listrik sendiri, sudah dipenuhi atau belum,” ucap Ricky saat ditemui Kompas.com Jumat lalu.

Ricky menambahkan, secara global Mazda sudah memiliki kendaraan listrik yakni MX-30 yang saat ini sudah diproduksi dan dijual di Eropa. Ia pun tak menampik, jika MX-30 nantinya bakal dijual di Indonesia.

“Ada rencana (MX-30), dan sudah ada di pipeline. Tapi untuk kapan masih rahasia,” kata dia.

Sebagai informasi, Mazda MX-30 pertama kali diluncurkan pada ajang pameran otomotif Tokyo Motor Show 2019. Mobil ini mengadopsi teknologi penggerak listrik e-Skyactiv.

Bicara soal dapur pacu, MX-30 mengusung motor listrik berjenis AC Synchronous yang menghasilkan tenaga 140 tk dan torsi 265 Nm.

Berdasarkan klaim pabrikan, mobil ini mampu menjelajah hingga 199,6 kilometer dalam satu kali pengisian baterai.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/17/090200815/wacana-mazda-menjual-mobil-listrik-mx-30-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.