Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Komponen Ini Sebelum Mudik Pakai Mobil Pribadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 diprediksi akan padat. Setidaknya ada 23 juta mobil dan 17 juta motor yang akan digunakan para pemudik pulang ke kampung halaman.

Buat pemudik yang pulang menggunakan mobil pribadi, sebelum melakukan perjalanan jauh, kendaraan wajib dicek kondisinya agar perjalanan nyaman tanpa masalah teknis.

Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi, setidaknya ada empat komponen yang harus dicek agar mudik bebas gangguan.

“Mulai dari mesin, lalu suspensi, steering, kelistrikan dan ban,” ucap Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Bambang menjelaskan, untuk sektor mesin yang harus diperiksa apakah ada kebocoran atau tidak. Ini juga untuk melihat apakah ada rembesan oli atau asap putih yang keluar dari knalpot.

“Ada asap dan rembesan oli itu indikasi, mobil dalam kondisi tidak sehat,” ucap Bambang.

Pada bagian steering dan kelistrikan, dilakukan pengecekan. Biasanya mekanik akan melihat kondisi bushing tetap di tempatnya, tidak goyah atau kendur.

“Hanya pengecekan secara visal dan fungsional saja,” ucap Bambang.

Kemudian ban, Bambang mengungkapkan wajib melakukan pengecekan keausan. Biasanya perhatian khusus diberikan pada ban yang berusia dua tahun atau lebih.

Ban memegang peranan penting karena nantinya kondisi jalan yang dihadapi bisa beragam, tidak hanya aspal halus atau jalan tol.

Perhatian juga diberikan pada tekanan udara ban yang harus sesuai dengan ukuran dari pabrikan.

Selanjutnya, kata Bambang pemeriksaan cairan di mobil. berbagai komponen yang berhubungan dengan cairan wajib diperiksa, bisa ditambah atau diganti degan yang baru.

“Yang juga penting adalah pemeriksaan cairan di mobil. Seperti air radiator, oli mesin, oli transmisi, air wiper, minyak rem, atau fan pump kalau masih menggunakan Hidraulic Power Steering," katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/22/111200315/cek-komponen-ini-sebelum-mudik-pakai-mobil-pribadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke